6 Gejala yang tidak boleh Anda Abaikan

awet muda dengan biospray

6 Gejala Anda tidak boleh di Abaikan6 Gejala yang tidak boleh Anda Abaikan. Kebanyakan sakit dan nyeri bukan merupakan tanda sesuatu yang serius, tetapi gejala tertentu harus diperiksa. Segera ke Dokter jika Anda merasa salah satu dari hal-hal ini:

  1. Kelemahan in Tangan dan Kaki Anda

Jika Anda mendapatkan lemah atau mati rasa di lengan, kaki, atau wajah, itu bisa menjadi tanda stroke, terutama jika pada satu sisi tubuh Anda.

Anda juga bisa sedang mengalami stroke jika Anda tidak dapat menjaga keseimbangan Anda, merasa pusing, atau memiliki kesulitan berjalan.

Cari bantuan secepatnya  jika Anda tiba-tiba tidak bisa melihat dengan baik, merasakan sakit kepala yang buruk, merasa bingung, atau memiliki masalah berbicara atau pemahaman.

“Bila ditangani sejak awal, sering reversibel,” kata internis Jacob Teitelbaum, MD.

Jangan menunggu untuk datang ke dokter. Segera datang ke UGD,  Jika Anda mendapatkan obat penghancur gumpalan dalam 4,5 jam dari gejala pertama Anda, Anda dapat menurunkan risiko cacat jangka panjang dari stroke.

  1. Nyeri Dada

Ketika merasakan nyeri dada, lebih baik aman daripada menyesal.

“Setiap nyeri dada, terutama disertai dengan berkeringat, tekanan, sesak napas, atau mual, harus dievaluasi oleh seorang profesional medis segera,” kata Shilpi Agarwal, MD, dengan One Medical Group di Washington, DC.

Nyeri dada atau tekanan bisa menjadi tanda penyakit jantung atau serangan jantung, terutama jika Anda merasa selama aktivitas atau saat aktif. Atau, nyeri dada mungkin berarti masalah selain dengan hati Anda; misalnya, Anda memiliki kondisi serius lain, seperti gumpalan darah bergerak ke paru-paru Anda, kata Teitelbaum.

Jika dada Anda terasa kencang atau berat, dan itu berlangsung lebih dari beberapa menit atau berlalu hilang dan kembali lagi, segera cari bantuan. Jangan mencoba untuk sok kuat.

  1. Rasa lemah dan Nyeri di belakang kaki bagian bawah Anda

Ini bisa menjadi gejala dari bekuan darah di kaki Anda. Ini disebut deep vein thrombosis, atau DVT. Hal ini dapat terjadi setelah Anda sudah duduk untuk waktu yang lama, seperti pada perjalanan panjang pesawat, atau jika Anda sakit dan telah di tempat tidur lama.

Jika itu adalah gumpalan darah, Anda mungkin merasa sakit terutama ketika Anda berdiri atau berjalan. Anda juga mungkin memperhatikan pembengkakan. Kaki biasanya merah dan lembut, dan itu akan lebih besar dari kaki yang lain.

Itu normal untuk merasa nyeri setelah latihan. Tetapi jika Anda juga melihat kemerahan dan terasa panas di mana itu bengkak atau menyakitkan, hubungi dokter Anda.

Teitelbaum mengatakan Anda juga dapat memeriksa apa yang disebut tanda Homans. “Jika Anda melenturkan jari-jari kaki Anda ke atas dan itu menyakitkan, itu juga sugestif dari bekuan darah,” katanya. “Tapi jangan mengandalkan itu. Jika itu panas, merah, dan bengkak di satu sisi, pergi ke UGD.”

Sangat penting untuk mencegah gumpalan darah sebelum dapat pecah dan menyumbat aliran darah Anda, yang dapat mengakibatkan komplikasi.

  1. Darah di Urine Anda

Beberapa hal dapat menyebabkan Anda melihat darah saat Anda buang air kecil.

Jika Anda memiliki darah dalam urin Anda dan Anda juga merasakan banyak rasa sakit di sisi Anda atau di punggung Anda, Anda mungkin menderita batu ginjal. Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di ginjal Anda dan bergerak melalui tabung yang membawa urin Anda.

Dokter Anda mungkin melakukan sinar-X atau melakukan USG untuk melihat batu-batu. X-ray menggunakan radiasi dalam dosis rendah untuk membuat gambar struktur dalam tubuh Anda. USG membuat gambar dengan gelombang suara.

Banyak batu ginjal akhirnya melewati tubuh Anda saat Anda buang air kecil. Ini bisa sangat menyakitkan. Kadang-kadang dokter mungkin perlu mengambil batu ginjal tersebut.

Jika Anda melihat darah dalam urin Anda dan Anda juga memiliki peningkatan keinginan mendesak  untuk  perlu buang air kecil, sering  ke kamar mandi, atau merasa seperti terbakar ketika buang air kecil, mungkin Anda mengalami infeksi berat pada kandung kemih atau ginjal, kata Teitelbaum. Jangan menunggu lagi, segera ke dokter Anda, terutama jika disertai demam.

Jika Anda melihat darah tapi tidak merasa sakit, itu mungkin merupakan tanda dari ginjal atau kanker kandung kemih, Anda harus mengunjungi dokter Anda.

  1. Mengi

Masalah pernapasan harus segera diobati. Jika Anda mengi, atau mendengar suara siulan ketika Anda bernapas, Pergi ke dokter Anda.

“Tanpa evaluasi secepatnya, pernapasan dapat dengan cepat menjadi sulit, dan itu bisa menjadi bencana besar jika tidak dievaluasi dan diobati dengan cepat,” kata Agarwal.

Mungkin asma, penyakit paru-paru, alergi parah, atau paparan bahan kimia. Dokter Anda dapat mencari tahu apa yang menyebabkannya dan bagaimana mengobatinya. Jika Anda memiliki asma alergi, seorang ahli alergi atau paru (spesialis paru) akan membuat rencana untuk mengelola dan mengurangi gejolak.

Mengi juga dapat disebabkan oleh pneumonia atau bronkitis. Apakah Anda batuk lendir kuning atau hijau? Apakah Anda juga mengalami demam atau sesak napas? Jika demikian, Anda mungkin mengidap bronkitis yang berubah menjadi pneumonia. “Waktunya  ke dokter Anda,” kata Teitelbaum.

  1. Pikiran bunuh diri

Jika Anda merasa putus asa atau terperangkap, atau berpikir Anda tidak memiliki alasan untuk hidup, segera cari bantuan. Berbicara dengan seorang profesional dapat membantu Anda melalui krisis.

Pergi ke ruang gawat darurat rumah sakit atau walk-in klinik di rumah sakit jiwa. Seorang dokter atau profesional kesehatan mental akan berbicara dengan Anda, membuat Anda aman, dan membantu Anda melalui masa sulit ini.

6 Gejala yang tidak boleh Anda Abaikan

Silahkan komen disini

Testimoni biospray