Cara Memberikan Kompres pada Anak Demam

Anjuran mengompres anak demam oleh American Academy of Pediatrics (AAP):

1. Mengkompres dengan menggunakan air hangat, tidak dengan air dingin
2. Anak diusap dengan menggunakan lap atau busa yang dibasahi dengan air hangat pada seluruh permukaan tubuh (badan, lengan, dan tungkai) sampai suhu normal. Biasanya suhu akan turun setelah pengompresan 30-45 menit.
3. Jangan menggunakan alkohol, karena alkohol akan diserap oleh kulit atau dihirup pernafasan, dapat menyebabkan koma.
4. Pada suhu yang sangat tinggi lebih dari 41.10C / hiperpireksia yang diakibatkan oleh suhu lingkungan yang tinggi (heat stroke), kompres dilakukan dengan menggunakan air dingin,dan letakkan anak di ruangan yang dingin.
5. Ketika anak demam diperbolehkan untuk tidur di ruangan dengan pendingin udara / AC, kipas angin dengan suhu kamar sekitar 23C.
6. Gunakan pakaian tipis yang menyerap keringat dan tidak perlu menggunakan baju yang tebal, ketika anak menggigil itu penanda bahwa suhu tubuh akan meningkat jadi tidak perlu diberi jaket atau selimut.
7. Berikan minum yang lebih banyak dari biasanya (air putih, susu, atau jus buah). Selama demam anak tidak harus tiduran di dalam kamar, boleh melakukan aktifitas fisik ringan di dalam rumah, tidak boleh berlari-lari atau aktifitas fisik yang berlebihan.