Cara Mencegah dan Mengatasi Hipertensi

Cara Mencegah dan Mengatasi Hipertensi

Cara mencegah dan mengatasi hipertensi. Cukup banyak orang yang mengalami hipertensi tetapi tidak menyadarinya. Disarankan perubahan gaya hidup untuk menurunkan tekanan darah. Pedoman British Hypertension Society pada tahun 2004 silam, mengajukan perubahan gaya hidup yang konsisten dengan pedoman dari US National High BP Education Program tahun 2002 untuk pencegahan utama hipertensi.

Berikut ini tabel cara melakukan pencegahan penyakit hipertensi agar tak semakin kronis, yaitu :

  • Menjaga berat badan normal (9misalnya, indeks massa tubuh 20-25 kg/m2)
  • Mengurangi asupan diet yang mengandung natrium sampai <100 mmol/hari (<6 g natrium klorida atau <2,4 g natrium per hari). Banyak yang tidak menyadari bahwa makan ringan dan juga mie instan banyak mengandung garam, demikian juga vetsin yang sebenarnya adalah monosodium glutamate, karena sodium sebenarnya adalah nama laindari natrium
  • Melakukan aktivitas fisik aerobik secara teratur, misalnya jalan cepat (30 menit perhari, pada hampir setiap hari dalam seminggu)
  • Batasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 3 unit/hari pada laki-laki dan tidak lebih dari 2 unit/hari pada perempuan.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran (misalnya, sedikitnya lima porsi per hari)
Baca juga  Abses Otak

Cara Mencegah dan Mengatasi Hipertensi - www.biosprayid.com

Perubahan gaya hidup yang efektif dapat menurunkan tekanan darah setara dengan masing-masing obat antihipertensi. Kombinasi dari dua atau lebih perubahan gaya hidup dapat memberikan hasil lebih baik. Berikut ini hal yang bisa dilakukan.

  • Penatalaksanaan hipertensi

Penatalaksanaan hipertensi dibedakan menjadi dua. Pada hipertensi ringan tanpa faktor resiko atau kerusakan organ, penatalaksanaannya adalah dengan perubahan gaya hidup dan memantau pasien selama 6-12 bulan.

  • Perubahan gaya hidup

Penanganan tipe pertama untuk hipertensi identik dengan menganjurkan perubahan gaya hidup yang bersifat pencegahan dan meliputi perubahan diet, olahraga dan penurunan berat badan. Semua ini terbukti menurunkan tekanan darah secara bermakna pada orang dengan hipertensi.

  • Perubahan asupan diet
Baca juga  Apa yang Terjadi Pada Diabetes?

Perubahan asupan diet seperti diet rendah natrium sangat bermanfaat. Diet rendah natrium jangka panjang (lebih dari 4 minggu) pada kaukasia efektif menurunkan tekanan darah, baik pada penderita hipertensi maupun pad aorang dengan tekanan darah normal.

Itulah cara mencegah dan mengatasi penyakit hipertensi, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini