Cedera Kepala

Cedera Kepala

Cedera kepala. Cedera yang mengenai kepala / otak yang terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung, salah satunya akibat insiden atau kecelakaan.

Epidemiologi

Diperkirakan 2% penduduk dunia mengalami cedera kepala setiap tahun. Cedera kepala menjadi penyebab utama kematian penderita berusia kurang dari 45 tahun dan penyebab terserang epilepsi di Negara-negara industri yang dapat dicegah.

Penyebab

Cedera kepala dapat disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor , senjata api, upaya bunuh diri, jatuh, berolahraga, dan kejadian lainnya. Pada anak, cedera kepala dapat disebabkan oleh pukulan kepala atau guncangan keras di tubuh bagian atas yang menyebabkan kerusakan otak.

Gejala & Tanda

Secara umum penderita cedera kepala merasakan sakit/nyeri kepala yang hebat/berat, leher terasa kaku, muntah, tidak mampu mengerakkan anggota gerak badan, penglihatan kabur hingga kebutaan, penurunan pendengaran hingga tuli, tidak mampu membau dan merasakan (makanan).

Cedera kepala dan disertai mengantuk, tidak ada respon perubahan kepribadian, mudah tersinggung atau marah, perilaku yang ganjil atau tak biasa, hilangnya koordinasi fungsi pergerakan tubuh.

Cedera kepala

Pemeriksaan Penunjang

CT  scan kepala dalah standar baku dalam penatalaksanaan cedera kepala. Pemeriksaan CT scan kepala untuk memastikan adanya patah tulang, pendarahan, pembengkakakn jaringan otak, dan kelainan lain di otak.

Untuk pemeriksaan laboratorium, dokter umumnya akan merekomendasikan pemeriksaan dara tepi lengkap, gula darah sewaktu, ureum-kreatin, analisis gas darah, dan elektrolit.

Pencegahan

Uapaya yang dapat dilakukan untuk mencegah cedera kepala adalah memakai sabuk pengaman, alat pelindung diri, mengenakan helm saat bersepeda atau berolahraga, menyimpan senjata api atau peluru di tempat yang aman, tidak mengendarai kendaraan bermotor dalam kondisi mengantuk, mabuk, atau sakit. Pelatihan P3K, bantuan hidup dasar, K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), emergency secara berkelanjutan juga diperlukan. Permukaan tempat bermain anak, lahan parker, terbuat dari bahan penyerap getaran. Bila membangun gedung, maka pintu/tangga darurat harus ada.

Tahukah Anda?

  1. Terapi antisitokin sedang dikembangkan untuk cedera kepala
  2. Demam dan menggigil pada cedera kepala ddapat diatasi dokter dengan pemberian asetaminofen, cairan hipertonik, koma barbiturate, asetazolamid

Cedera kepala

Itulah informasi tentang cedera kepala, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini