Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1. Biasanya mengenai anak-anak dan remaja. Diabetes ini dulu pernah disebut sebagai juvenile diabetes (diabetes usia muda). Namun karena ternyata diabetes tipe ini juga dapat terjadi pada orang dewasa, maka orang lebih suka memakai istilah diabetes tipe-1.

Untuk dapat bertahan hidup, penderita diabetes tipe-1 bergantung pada pemberian insulin dari luar. Oleh karena itu, istilah yang dipakai di masa lalu adalah tin Dependent Diabetes melitus (IDDM). Jumlah kejadiannya hanya 1-10% dari semua penderita diabetes di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlahnya kurang lebih sekitar 1% dari semua diabetes.

Faktor penyebab diabetes tipe-1 adalah infeksi virus atau reaksi auto-imun

(rusaknya sistem kekebalan tubuh) yang merusak sel-sel penghasil insulin, yaitu sel—β pada pankreas, secara menyeluruh. Oleh karena itu, pada tipe ini pankreas sama sekali tidak dapat menghasilkan insulin. Untuk bertahan hidup, insulin harus diberikan dari luar dengan cara disuntikkan. Sampai sekarang, belum ada cara yang lain karena insulin akan dirusak asam lambung jika diminum.

Biasanya, gejala dan tanda-tanda pada diabetes tipe-1 muncul secara mendadak. Tiba-tiba cepat merasa haus, sering kencing (anak-anak jadi sering mengompol), badan mengurus, dan lemah. Apabila insulin tidak segera diberikan, penderita bisa cepat tidak sadarkan diri, disebut juga dengan koma ketoasidosis atau koma diebetik.

Diabetes tipe 1 - www.biosprayid.com

Meskipun penyebab pasti dari diabetes tipe 1 ini belum diketahui namun ada beberapa faktor yang diketahui bisa mempengaruhi terjadinya penyakit ini seperti :

1. Keturunan

Faktor yang dianggap paling sering menyebabkan diabetes ellitus tipe 1 ini adalah genetik atau keturunan. Anak-anak dari orang tua penderita diabetes mellitus tipe 1 lebih cenderung mengidap penyakit ini dibandingkan dengan yang orang tuanya tidak menderita. Kelompok/ras putih lebih sering dibandingkan dengan ras lainnya.

2. Faktor lain

Faktor-faktor lain yang termasuk mencetuskan diabetes mellitus tipe 1 ini adalah : infeksi virus, obat/zat kimia, dan radikal bebas.

Gejala Diabetes Mellitus Tipe 1

Gejala dari penyakit ini adalah keadaan yang ditimbulkan akibat kadar glukosa darah yang tinggi yang biasa dijuluki dengan hiperglikemik. Orang yang mengalami hiperglikemik akan merasa lapar dan haus terus menerus. Karena minum banyak, otomatis kencing juga banyak. Akan terjadi penurunan berat badan meskipun makannya banyak. Merasa selalu lelah dan lemas tak berenersi. Gejala yang lain, mata kabur dan nyeri hebat di daerah lambung.

Gejala permulaan ini kadangkala sukar ditemui pada penderita, terutama jika mereka masih dalam usia muda (anak-anak). Karena penderitanya biasanya anak-anak dan remaja, mereka terdiagnosa diabetes mellitus tipe 1 ini karena dibawa ke dokter akibat menderita dehidrasi berat, ketoasidosis diabetik (adanya keton, suatu zat racun yang membuat darah menjadi asam) atau karena koma diabetikum.

Itulah informasi tentang diabetes tipe 1, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini