Komplikasi Diabetes

Komplikasi Diabetes

Komplikasi diabetes. Ada ungkapan yang berbunyi “kencing manis tidak pernah datang sendiri. Dia akan mengundang teman-temannya”. Hubungan antara DM dengan komplikasi yang ditimbulkan merupakan hubungan sebab-akibat. Artinya untuk mengatasi komplikasi yang ada, maka harus dibereskan terlebih dahulu penyebabnya, yaitu penyakit diabetes. Meskipun penyebabnya sudah bisa diatasi, tidak serta merta komplikasi yang timbul akan hilang dengan sendirinya. Hal ini sangat tergantung dari tingkat keseriusan komplikasi tersebut.

Bila komplikasi yang terjadi masih dalam tahap awal, biasanya seiring dengan terkontrolnya DM maka komplikasi akan sembuh dengan sendirinya. Sebagai contoh, gangguan yang terjadi pada mata akan hilang dengan sendirinya bila penderita hasil mengontrol kadar glukosa darah ke batas normal. Namun jika gangguan mata sudah berada pada tingkat terjadi kebutaan, maka mata akan tetap menjadi buta walaupun kadar glukosa darah bisa dinormalkan. Dengan kata lain, komplikasi ini telah menjadi penyakit yang berdiri sendiri.

Jika didasarkan pada awal kemunculan dan lama perjalanannya, komplikasi diabetes dapat digolongkan menjadi komplikasi mendadak (akut) dan komplikasi menahun (kronis). Terdapat beberapa kelainan yang mendasari komplikasi kronis, yaitu makroangiopati diabetik (kelainannya di pembuluh besar), mikroangiopati diabetic (kelainan pada pembuluh darah kecil-halus), dan neuropati diabetik (kelainannya terdapat pada saraf).

Komplikasi jangka lama termasuk dan setelah jangka panjang tanpa perawatan memadai, dapat memicu berbagai komplikasi kronis, seperti berikut ini :

  • gangguan pada mata dengan potensi berakibat pada kebutaan
  • gangguan pada ginjal hingga berakibat pada gagal ginjal
  • gangguan kardiovaskular, disertai lesi membran basalis yang dapat diketahui dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop elektron
  • gangguan pada sistem sarat hingga disfungsi sarat autonom, foot ulcer, amputasi, charcot joint dan disfungsi seksual.

Hipoglikemia

Komplikasi Diabetes - www.biosprayid.com

Walaupun tidakbaik bila kadar gula tinggi, tetapi seorang penderita diabetes melitus atau kencing manis ini dapat pula secara tiba-tiba mengalami gula darah yang sangat rendah di bawah ambang normal yang disebut hipoglikemia.

Ketoasidosis

Komplikasi Diabetes - www.biosprayid.com

Jika glukosa tidak dapat diolah dengan baik oleh tubuh, maka lemak dan protein dalam tubuh dimanfaatkan oleh tubuh untuk dijadikan energi. namun saat tubuh membakar lemak, terbentuklah sisa pembakaran keton. keton menumpuk dalam darah dan mengalir ke dalam air seni. karena ketonini lebih asam daripada jaringan tubuh yang sehat, kadar keton yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan terjadinya kondisi serius yang disebut ketoasidosis.

Demikian artikel tentang komplikasi diabetes, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini