Komplikasi Mata Penderita Diabetes

 komplikasi mata penderita diabetes

Komplikasi mata penderita diabetes. Masalah pertama yang berhubungan dengan mata pada diabetes adalah seringnya berganti kacamata. Hal ini sebenarnya disebabkan karena buruknya kontrol  darah sehingga peredaran di pembuluh darah mata terganggu. Dengan tidak tersuplainya darah pada organ akan membuat mata menjadi mengalami gangguan fungsi. Terdapat beberapa jenis komplikasi diabetes pada mata.

Komplikasi Mata Penderita Diabetes - www.biosprayid.com

  1. Retinopati

Retinopati adalah kelainan yang mengenai pembuluh darah halus pada retina. Retina terdapat di dalam bola mata sebelah belakang dan kerjanya adalah menangkap cahaya yang datang dari luar setelah menembus lensa mata. Retina bersifat seperti kamera film, yaitu menangkap gambar yang ada di hadapannya. Jika terjadi kerusakan pada pembuluh darah retina, maka fungsi retina akan terganggu sehingga terjadilah gangguan penglihatan. Ketika retina terganggu maka gambar yang dilihat mata tidak dapat diproses di otak.

Baca juga  Diabetes Dapat Menyapa Siapa Saja

Biasanya, gejala retinopati berjalan lambat sehingga sering tidak terdeteksi. Jika masih dini, kelainan ini masih dapat diobati melalui teknik fotokoagulasi dengan memakai laser. Namun jika sudah terlambat, kemungkinan paling buruk yang bisa terjadi adalah kebutaan.

Komplikasi Mata Penderita Diabetes - www.biosprayid.com

  1. Katarak

Istilah katarak merujuk pada kondisi menjadi buramnya lensa mata. Lensa terdapat di sebelah depan mata dan berfungsi untuk meneruskan sinar ke retina. Katarak adalah hal yang biasa terjadi pada orang lanjut usia. Namun pada penderita diabetes, kelainan ini dapat terjadi pada usia muda.

Katarak menyebabkan cahaya tidak sampai pada retina sehingga orang tidak bisa melihat alias buta. Pada katarak dapat dilakukan operasi pengangkatan lensa yang sudah rusak dan menggantinya dengan lensa baru. Biasanya penglihatan akan kembali seperti semula jika penggantian lensa itu berhasil, kecuali jika selain katarak juga sudah terdapat retinopati. Pada keadaan demikian, maka operasi katarak tidak akan memulihkan penglihatan secara sempurna.

Baca juga  Anak Cerdas Sejak Dini dan Menjadikan Mereka Pintar di Kelas

Komplikasi Mata Penderita Diabetes - www.biosprayid.com

  1. Glaukoma

Glaukoma terjadi karena meningkatnya tekanan dalam bola mata. Keluhannya adalah rasa nyeri pada mata dan penglihatan berkurang. Dokter dapat mengenali kelainan itu dengan mudah. Apabila diobati dengan segera, glaukoma tidak aka menyebabkan kebutaan.

Itulah Komplikasi mata penderita diabetes, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini