Korea

Korea - www.biosprayid.com

Korea

Korea. Istilah umum dari gangguan pergerakan diluar kehendak yang berasal dari gangguan jaringan persarafan (penghubung ganglia basal dengan daerah korteks motoric frontal). Korean adalah kumpulan gejala (sindrom) dan bukan diagnosis penyakit.

Epidemiologi

Insiden dan prevalensi korea belum diketahui pasti, mengingat korea dapat dijumpai di berbagai penyakit, seperti penyakit Huntington, demam rematik, penyakit Lesch-Nyhan.

Penyakit ini sering dijumpai pada wanita usia sekolah, yang sebagian besar berusia 6-13 tahun. Jarang dijumapi pada usai 40 tahun. Korea terjdai pada 26% penderita demam rematik. Korea Sydenham adalah penyebab paling sering dari korea akut pada anak-anak di seluruh dunia.

Baca juga  Komplikasi Jangka Panjang dari Diabetes

Penyebab

Penyebab pasti belum diketahui, namun diduga korea disebabkan multifactor, yang meliputi :

  1. Factor genetika
  2. Kelainan otak, yaitu lesi di struktur ganglia basal
  3. Gangguan system kekebalan tubuh
  4. Infeksi
  5. Gangguan metabolism atau penyakit di otak akibat racun/logam berat
  6. Obat-obatan tertentu

Korea

Terapi / Solusi

Pasien diberikan obat dengan indikasi yang benar sesuai diagnosis dokter. Obat-obata antiopaminergik adalah pilihan utama, dengan catatan, semakin besar aksi penghambat reseptor D2, maka semakin besar efektivitas antikorea. Obat-obat atipikal seperti : olanzapine, quetiapine, dan clozapine efektif mengatasi korea. Obat neuroleptic tipikal efektif mengatasi korea, namun sebaiknya di bwah pengawasan dokter karena banyaknya efek samping. Sebagai pengganti, dapat digunakan risperidone dan olahzapine, yauti antipsikotik atipikal dengan aktivitas antikorea. Kedua obat ini lebih kecil potensinya untuk mengakibatkan Parkinsonisme daripada neuroleptik tipikal.

Baca juga  Tremor

Pencegahan

  1. Pada penderita korea dengan gaya berjalan dempurna atau hamper jatuh, lakukan pencegahan risiko cedera.
  2. Pada anak penderita korea, orangtua perlu tutor / pendamping khusus agar anak dapat tetap mengerjakan tugas selama masa penyembuhan. Terapi bermain berkelompok juga dapat direkomendasikan. Hal ini untuk mencegah anak merasa minder, sendiri, atau terasing.
  3. Konseling efektif untuk korea yang disebabkan oleh factor genetic (misalnya penyakit Huntington). Pada sebagain besar kasus, diperlukan terapi simtomatis.

Tahukah Anda?

  1. Kata “chorea” berasal dari bahasa Yunani kuno, yang berarti “tarian”.
  2. Efek samping neuroleptic tipikal adalah sedasi, reaksi distonik akut, tardive dyskinesia, dan Parkinson.
  3. Korea gravidarum adalah korea yang muncul anatar bulan ketika hingga partama.
  4. Riset terbaru berhasil membuktikan hubungan antara group A-beta haemolytic streptococcus melalui respon imun sebagai penyebab korea Sydenham.
Baca juga  Penyebab Diabetes

Korea

Demikian informasi tentang korea, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini