Makan Bersama Keluarga Untuk Kesehatan Anak

Makan Bersama Keluarga Untuk Kesehatan Anak

Makan bersama keluarga untuk kesehatan anak. Semakin sering orangtua membiasakan makan bersama anggota keluarga semakin sehat anak-anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. orangtua terbiasa makan bersama, pertahankan prestasi itu demi anak. Bila jarang maka biasakanlah mulai sekarang. Makan bersama seluruh anggota keluarga adalah  kegiatan yang mulai ditinggalkan. Sudah jarang sekali ditemui seluruh anggota keluarga makan bersama dalam satu meja makan. Keluarga-keluarga saat ini lebih banyak makan sendiri-sendiri, di ruang keluarga, di depan televisi, di ruang kerja, bahkan di kamar. Ruang makan menjadi area yang sepi dan jarang digunakan bersama, pada makan bersama seluruh anggota keluarga erat kaitannya dengan kesehatan yang lebih baik.

Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin makan bersama anggota keluarganya sebanyak 24% lebih banyak mengonsumsi makanan sehat dibanding anak-anak yang jarang makan bersama keluarganya. Hal tersebut  menjadi dorongan para peneliti dari The University of Illinois di Urbana-Champaign  untuk melakukan penelitian yang berkaitan antara kebiasaan makan keluarga dan kesehatan anak-anak. Penelitian yang dilakukan oleh Family Resiliency Center dari universitas tersebut melakukan pengamatan pada hampir 183.000 anak-anak remaja dari usia 3 tahun hingga 17 tahun dengan melihat kebiasaan makan anak- anak dan remaja tersebut, kenaikan atau penurunan berat badan, dan berbagai kebiasaan berbahaya yang terkait dengan makanan dan nutrisi. Setelah penelitian  dilakukan, didapatkan hasil bahwa anak-anak dan remaja yang makan bersama keluarganya sebanyak tiga kali atau lebih dalam seminggu sebanyak 12% lebih sedikit yang mengalami masalah kelebihan berat badan.

Makan bersama keluarga untuk kesehatan anak

Sebaliknya, anak-anak dan remaja yang jarang dan bahkan tidak pernah makan bersama anggota keluarganya, sebanyak 20% dari mereka lebih banyak mengonsumsi makanan manis, makanan cepat saji, minuman bersoda, dan makanan lain yang tidak sehat.

Anak-anak yang makan bersama keluarga lima kali atau lebih dari seminggu  membuat mereka terlindung dari kekurangan nutrisi sebanyak 25%. Anak-anak yang sering makan dengan anggota keluarga juga akan terhindar dari kebiasaan makan yang  berbahaya sebanyak 35%, seperti mengonsumsi obat-obatan diet, merokok,  memuntahkan makanan (gejala bulimia), dan melewatkan jam-jam makan. Selain itu, peneliti juga menemukan hasil bahwa anak-anak dan remaja yang terbiasa untuk makan bersama anggota keluarganya lebih banyak mendapat asupan sayur dan buah segar serta terhindar dari makanan manis, makanan cepat saji, dan minuman bersoda serta kumpulan makanan tidak sehat lainnya.

Makan bersama keluarga untuk kesehatan anak

Demikian informasi tentang makan bersama keluarga untuk kesehatan anak, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini