Manfaat Buah Kiwi

KOMPAS.com – Upaya untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan serat bisa lebih mudah dengan mengonsumsi buah kiwi. Buah khas Selandia Baru ini termasuk buah super karena kandungan nutrisinya lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain dalam jumlah yang sama.

Para peneliti asal Selandia Baru kini menemukan kiwi varietas baru, yaitu kiwi SunGold. Kiwi ini diklaim lebih padat gizi daripada dua varietas sebelumnya yaitu kiwi green dan kiwi gold.

Dokter spesialis gizi klinis FKUI/RSCM dr. Fiastuti Witjaksono memaparkan, kiwi umum mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk dan pepaya. Buah ini juga memiliki vitamin E yang lebih tinggi dari mangga dan pepaya. Bukan hanya itu, kiwi juga kaya serat larut dan tidak larut, keduanya penting untuk pencernaan.

“Kiwi juga mengandung antioksidan yang penting untuk menghambat penuaan. Buah ini juga mengandung enzim actinidin yang dapat mempercepat pencernaan protein,” katanya.

Manfaat yang berlimpah dari buah kiwi tersebut kini semakin padat dalam varian kiwi SunGold. Kiwi sungold merupakan varietas terbaru yang ditemukan dari hasil penelitian bertahun-tahun. Kiwi ini memiliki kepadatan gizi yang lebih baik dibandingkan varietas kiwi lain.

Kepadatan gizi merupakan jumlah kandungan gizi yang diukur dari suatu makanan dalam jumlah tertentu, dibandingkan dengan makanan lain dalam jumlah yang sama. Semakin padat kandungan gizi yang ada dalam suatu jenis makanan, maka akan semakin baik kualitas dari makanan itu.

Menurut data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) tahun 2011, kepadatan gizi dari kiwi SunGold mencapai 24,4 per 100 kkal. Bandingkan dengan kiwi gold 22,4 dan kiwi green 20,0. Sedangkan buah lain seperti apel nilainya 3,5; pisang 5,6; anggur 3,6; jeruk 17,2; pepaya 22,6; mangga 8,4; dan durian 5,6.

Silahkan komen disini