Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat kopi bagi kesehatan

Manfaat kopi bagi kesehatan. Apakah Anda seseorang yang rutin minum kopi setiap hari? Jika ya, maka hal ini berarti Anda memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena stroke.

Kopi sangat populer sebagai minuman di pagi hari untuk mengawali hari agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar, dan juga umum digunakan sebagai minuman untuk menemani di saat tidur larut malam.

Walaupun tidak dikategorikan sebagai makanan/minuman kesehatan, tidak sedikit penelitian yang telah mengungkapkan bahwa minum kopi bahkan 3 gelas atau lebih dalam sehari memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian sepanjang 13 tahun dan melibatkan lebih dari 400 ribu orang yang dilakukan oleh National Cancer Institute dan diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’, menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil. Anda bisa lebih bersemangat, terhindar dari penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus karena secangkir kopi.

Selain manfaat tersebut, ternyata minum kopi juga bisa menurunkan Anda dari risiko untuk terkena penyakit stroke. “Kopi mengandung asam asam chlorogenic, lignan, dan magnesium. Semua zat ini bercampur dengan zat antioksidan di dalam kopi mampu mengurangi risiko stroke,” jelas penelitian yang dilakukan di Cleveland Clinics Wellness Institute.

Sayangnya, efek sehat ini akan berkurang ketika Anda menambahkan gula di dalamnya. Zat gula mampu menciptakan lonjakan dalam glukosa daran dan insulin yang akhirnya memicu intoleransi glukosa, resistensi insulin, serta peradangan. Perubahan fisiologis ini pada akhirnya dapat mempengaruhi keadaan aterosklerosis, stabilitas plak dan trombosis yang kemudian mampu menjadi faktor peningkat risiko stroke dan demensia. Jadi, sebagai pilihan sehat sebaiknya Anda mengonsumsi secangkir kopi pahit di pagi hari sebagai penambah tenaga dan peningkat kesehatan.

Manfaat kopi bagi kesehatan

Selain itu kopi juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko diabetes dan kanker.

Mengurangi resiko diabetes

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Sebuah laporan pada Januari 2012 dalam ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ kemudian menjelaskan alasannya. Yaitu karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

Menurunkan resiko kanker

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

Namun tidak hanya wanita yang mendapatkan keuntungan. Sebuah studi yang baru-baru ini keluar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi –baik yang biasa ataupun tanpa kafein– mengakibatkan penurunan risiko kanker prostat.

Manfaat kopi bagi kesehatan

Silahkan komen disini