Meningitis

Meningitis - www.biosprayid.com

Meningitis

Meningitis adalah infeksi / radang selaput otak (meningitis). Tepatnya, infeksi pia-arachnoid dan cairan serebrospinal di ruang subaraknoid. Meningitis viral adalah infeksi ruang subaraknoid yang disebabkan oleh virus. Meningitis bacterial adalah infeksi selaput otak yang disebabkan oleh bakteri.

Epidemiologi

Insiden meningitis 5 per 100 ribu populasi per tahun.untuk meningitis bacterial, insiden per tahun 4-6 tahun kasus per 100 ribu orang dewasa (berusia lebih dari 16 tahun).

Mortalitas meningitis onset awal 15-70 %, sedangkan onset akhir 10-20 %. Rata-rata mortalitas meningitis diperkirakan 2% pada anak dan meningkat menjadi 20-30% pada bayi. Di negara-negara berkembang, dilaporkan rata-rata kasus fatalitas 33-44%, naik lebih dari 60% pada kelompok dewasa.

Baca juga  Cedera Kepala

Meningitis

Penyebab

Sekitar sepertiga kasus meningitis disebabkan oleh virus (aseptic) dan dua pertiga disebabkan oleh bakteri (septik). Virus adalah penyebab tersering meningitis aseptic, istilah umum untuk berbagai kasus meningitis di mana bakteri tidak dapat diisolasi dari cairan serebrospinal.

Gejala & Tanda

Sakit dan nyeri kepala berputar dengan intensitas berat, berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari, disertai leher terasa kaku, demam akut, gangguan kesadaran, kejang, mual, iritasi meningeal, perubahan sensorium. Polineuropati aksonal (kerusakan/kematian akson) dijumpai pada 10 % penderita meningitis. Ringkasnya, gejala meningitis terdiri dari sakit kepala, demam, dan kaku kuduk. Ini disebut trias manifestasi klinis klasik meningitis.

Baca juga  Koma hiperglikemik (koma diabetik)

Terapi/Solusi

Meningitis viral diatasi dengan terapi suportif / simtomatis (misalnya analgesic) dan bed rest. Meningitis yang disebabkan oleh HSV-1 atau HSV-2 dapat diatasi dengan acyclovir, famciclovir, atau valacyclovir. Meningoensefalitis HIV-1 akut berespon dengan kombinasi terapi antiretroviral (zidovudine), reverse transcription inhibitor lainnya, dan inhibitor protease. Meningitis akibat Enterovirus berespon terhadap pleconaril.

Pencegahan

Kiat pencegahan kasus sekunder meningitis meliputi pelaporan semua kasus yang diduga meningitis ke dinas kesehatan / pihak berwenang, kemoprofilaksis, vaksinasi.

Meningitis

Tahukah Anda?

  1. Cryptococcal meningitis adalah salah satu kondisi oportunitis atau komplikasi kasus HIV.
  2. Meningitis adalah salah satu penyebab utama delirium. Delirium adalah gangguan mental yang muncul mendadak, dicirikan oleh kebingungan di dalam berpikir, sulit memusatkan perhatian, dan disorientasi.
  3. Meningitis bacterial salah satu penyebab koma.
  4. Salah satu penyebab hipertensi intracranial adalah meningitis.
Baca juga  Faktor Risiko Diabetes Ibu Hamil

Demikian artikel tentang meningitis, semoga bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa, baca juga artikel ini ya !!

Silahkan komen disini