Minum Dua Kaleng Soda Sehari Picu Hipertensi

Minum dua kaleng soda sehari picu hipertensi

Minum dua kaleng soda sehari  picu hipertensi. Minuman bersoda tak hanya mengandung banyak gula yang bisa merusak gigi dan memicu obesitas, serta diabetes, namun juga mempengaruhi tekanan darah. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa minum dua kaleng minuman bersoda dalam sehari bisa memicu tekanan darah tinggi.

Uniknya, masalahnya ternyata justru bukan pada minuman sodanya, melainkan pada kemasan kaleng minuman sodanya. Penelitian mengungkap bahwa kaleng minuman soda juga mengandung zat yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Zat yang tak menyehatkan tersebut digunakan untuk melapisi bagian dalam kaleng minuman soda.

Penelitian menemukan bahwa zat bernama Bisphenol A (BPA) yang digunakan untuk melapisi kaleng minuman soda bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu masalah jantung. Zat ini bahkan bisa membahayakan keselamatan pasien jantung. Tak hanya digunakan pada kaleng minuman soda, BPA biasanya juga digunakan untuk botol plastik.

Minum dua kaleng soda sehari picu hipertensi

Peneliti dari Korea menemukan bahwa minum minuman bersoda dari kaleng soda meningkatkan jumlah BPA pada urine hingga 1.600 persen jika dibandingkan dengan minum soda dari botol gelas. Minum dua kaleng soda sehari bisa meningkatkan tekanan darah hingga 5 mmg Hg. Peningkatan ini bisa menyebabkan masalah pada pasien penyakit jantung dan orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi.

Tak hanya memicu hipertensi, BPA selama ini juga dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti migrain, obesitas, diabetes, serangan jantung, dan bahkan kanker. BPA telah lama dilarang untuk digunakan pada pembuatan botol bayi di Eropa karena bahaya yang bisa ditimbulkannya.

Hasil ini ditemukan oleh peneliti dari Seoul National University College of Medicine setelah mengamati 60 orang dewasa berusia 60 tahun mengonsumsi minuman soda melalui kaleng dan botol gelas. Diketahui bahwa minum dari kaleng soda meningkatkan tekanan darah.

“Peningkatan hingga 20 mm Hg bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dua kali lipat,” ungkap Dr Yun-Chul Hong, ketua peneliti.

Minum dua kaleng soda sehari picu hipertensi

Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya kurangi konsumsi minuman bersoda yang ada dalam kemasan kaleng. selain minuman soda itu sendiri yang tidak menyehatkan, kemasan kalengnya juga bisa memicu hipertensi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Silahkan komen disini