Pola Makan dan Pola Hidup Penderita Diabetes

Pola Makan & Pola Hidup Penderita Diabetes

Pola makan dan pola hidup penderita diabetes. Tubuh seperti halnya sebuah rumah; keduanya memiliki kemiripan yang mencolok. Baik rumah maupun tubuh adalah investasi yang penting karena keduanya menyediakan tempat perlindungan bagi milik pribadi yang tak ternilai. Keduanya merupakan tempat yang akan dilindungi dengan seluruh kekuatan. Tulang adalah sarana vital yang mendukung  dan melindungi struktur bagian dalam rumah, mata adalah jendelanya, paru-paru adalah saluran pipa ventilasi, otak adalah kotak sekering. Isi perut adalah sistem pipa leding, mulut adalah pengolah makanan, jantung adalah pipa induk saluran air, rambut adalah halaman rumput, lemak adalah barang rongsokan yang tidak perlu. Itu artinya, mengenal tubuh seperti halnya kita mengenal rumah kita, akan memberi kekuatan untuk mengubah, memelihara, menghias, dan memperkuatnya.

Baca juga  Hidup Sehat Bersama Bio Spray, Disambut Antusias Warga Langkat

Terkait: Diabetes Dapat Menyapa Siapa Saja

Namun yang banyak terjadi adalah masyarakat di sekitar kita sering lalai terhadap investasi tubuh itu sendiri. Bahkan WHO memastikan peningkatan penderita DM tipe II paling banyak akan terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Sebagian peningkatan  jumlah penderita DM tipe II karena kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan DM. Pengetahuan pasien  tentang pengelolaan DM sangat penting untuk mengontrol kadar glukosa darah. Penderita DM yang memiliki pengetahuan  yang cukup tentang diabetes lalu mengubah perilakunya akan dapat mengendalikan kondisi penyakitnya sehingga dapat hidup lebih lama.

Baca juga  Komplikasi Diabetes

Terkait: Diabetes Sang Silent Killer

Di Indonesia belum ada penelitian berskala nasional yang mengungkapkan tentang tingkat pengetahuan DM pasien.  Namun penelitian-penelitian dalam lingkup kecil  menunjukkan bahwa pasien DM rawat jalan di beberapa rumah sakit di Indonesia memiliki tingkat pengetahuan yang rendah terhadap  penyakit yang sedang dideritanya itu (diabetes melitus).

Terkait: Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan

Banyak yang beranggapan bahwa kesembuhan seseorang dari sebuah penyakit yang dideritanya ditandai dengan keluarnya orang tersebut dari rumah sakit atau berhentinya ritual minum obat. Pada penyakit demam berdarah,tuberkolosis, dan panu, hilangnya gejala dan keluhan serta habisnya obat dari dokter adalah indikasi kesembuhan.

Baca juga  Sindrom Terowongan Karpal

Demikian informsi tentang pola makan dan pola hidup penderita diabetes. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini