Thunderclap Headache

Thunderclap Headache

Thunderclap headacheSakit atau nyeri kepala berintensitas tinggi dengan masa serangan yang cepat (intensitas maksimum kurang dari satu menit), menyerupai perdarahan subaraknoid akibat pecah/robeknya aneurisma. Aneurisma adalah suatu kantung yang terbentuk karena dilatasi (pelebaran) abnormal dinding pembuluh darah yang melemah, biasanya setempat dan patologis (akibat penyakit). Nyeri kepala mendadak, serangannya berat, eksplosif, tidak dapat diduga, seperti suara guntur (clap of thunder).

Epidemiologi

Thunderclap headache (TCH) adalah tipe sakit kepala yang jarang. Insiden sebesar 43 kasus per 100 ribu orang dewasa per tahun. Sekitar 11% penderita TCH menderita perdarahan subaraknoid. Sekitar 19% penderita SAH merasakan sakit kepala yang semakin lama semakin parah / berat, secara bertahap (hingga 5 menit). Nyeri kepala mendadak juga dapat terjadi selama aktivitas seksual atau berolahraga.

Penyebab

Penyebab TCH belum dapat dipastikan. Terkadang memang tidak ada alasan fisik yang jelas. Pada berbagai kasus, terjadi kondisi yang berpotensi mengancam kehidupan, misalnya perdarahan subaraknoid (rongga di antara otak dan selaput pembungkus otak), putusnya pembuluh darah di otak, robekan lapisan pembuluh darah arteri yang mensuplai darah ke otak, kebocoran cairan serebrospinal yang terjadi karena robekan selubung di cairan serebrospinal yang terjadi karena robekan selubung di sekitar persarafan tulang belakang.

Thunderclap headache

Gejala & Tanda

Menurut klasifikasi International Headche Society, kriteria klinis untuk TCH primer adalah nyeri kepala berat, muncul mendadak, dapat berlangsung selama satu jam hingga sepuluh hari, namun nyeri kepala yang paling berat hanya berlangsung kurang dari satu menit.

Nyeri TCH berlangsung secara dramatis, terkadang dirasakan sebagai nyeri kepala terburuk yang pernah dirasakan. Sensasi nyeri dapat dirasakan si bagian manapun dari kepala maupun leher. Dapat disertai mual atau muntah.

Terapi/Solusi

Penderita yang diketahui TCH sebaiknya langsung dirujuk ke rumah sakit karena TCH adalah kegawatdaruratan medis yang dapat disebabkan oleh perdarahan subaraknoid.

Pada penderita dengan TCH, CT scan otak perlu segera dilakukan, terutama saat 12 jam masa serangan, untuk memaksimalkan peluang diagnosis yang akurat. Alasan lain, darah yang berada di subaraknoid dapat berkurang dengan cepat. CT scan dilakan untuk memastikan penyebab nyeri kepala.

Thunderclap headache

Baiklah, terimakasih anda sudah membaca artikel dengan judul thunderlclap headache semoga bermanfaat.

Silahkan komen disini