Tindakan untuk Mengantisipasi Ancaman Diabetes pada Ibu Hamil

Tindakan untuk Mengantisipasi Ancaman Diabetes pada Ibu Hamil - www.biosprayid.com

Tindakan untuk Mengantisipasi Ancaman Diabetes pada Ibu Hamil

Tindakan untuk mengantisipasi ancaman diabetes pada ibu hamil

  • Suplemen asam folat untuk mengurangi risiko spina bifida

Semua perempuan yang merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat (sejenis vitamin) yang mengurangi risiko spina bifida. Dosis asam folat yang direkomendasikan untuk penderita diabetes lebih besar dari yang disarankan bagi perempuan tanpa diabetes yaitu sebesar 5 mg setiap hari sebelum kehamilan.

Asam folat dikenal dapat mencegah kelainan pembuluh saraf seperti Spina bifida yang terjadi sekitar 1 dari 1000 kehamilan setiap tahunnya di USA. Di Indonesia, kemungkinan angka kejadiannya lebih banyak karena kurangnya pengetahuan dan faktor kemiskinan. Sebuah badan pencegahan dan kontrol penyakit di Amerika melaporkan bahwa perempuan yang mengikuti dosis harian asam folat yang dianjurkan dimulai dari 1 bulan sebelum hamil dan sampai trimester pertama dapat mengurangi risiko terjadinya kelainan atau cacat seperti spina bifida sampai 70%.

Baca juga  Diabetes, Penyakit yang Dapat Dicegah

Hal ini cukup menjadi alasan untuk meminum asam folat sebelum hamil dan selama masa kehamilan. Beberapa studi menunjukkan bahwa perempuan yang kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko kelainan bawaan, seperti bibir sumbing dan kelainan langit-langit mulut, kelainan anggota tubuh, dan beberapa tipe kelainan jantung pada bayi mereka.

Tubuh memerlukan nutrisi ini untuk memproduksi DNA, memperbaiki, serta  membuat DNA berfungsi. DNA merupakan peta genetik dan pembentuk sel, jadi sang penting mendapatkan cukup folat untuk pertumbuhan pesat sel yang terjadi selama masa kehamilan. Folat juga sangat diperlukan untuk proses metabolisms kompleks  yang melibatkan konversi satu asam amino dalam darah (homocystein) dan methione.

Jika tidak mendapatkan cukup folat, bisa mengalami kelebihan homocystein  pada darah dan diperkirakan menjadi penyebab beberapa cacat pada kelahiran.  Bertambahnya kadar homocystein pada masa kehamilan juga dikaitkan dengan penggumpalan darah, cacat bawaan pada bayi, atau lahir mati. Folat juga membantu  membentuk sel darah merah, mencegah anemia, dan menghasilkan sistem kimia saraf yaitu norepinephrine and serotonin. Di antara beberapa makanan yang mengandung asam folat adalah:

Baca juga  Nyeri Neuropati Diabetika

Tindakan untuk mengantisipasi ancaman diabetes pada ibu hamil

  1. Alpukat

 

Alpukat atau Peresea gratissima Gaertn mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, B6, C, E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium dan glutation. Buah alpukat kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acid (MUFA), sehingga mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol. Bersama dengan vitamin E dan glutation yang dimilikinya, MUFA beraktivitas sebagai antioksidan yang melindungi pembuluh darah arteri dari kerusakan akibat kol-LDL-M. Niasin yang dimiliki alpukat mempengaruhi aktivitas enzim lipoprotein lipase sehingga menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di hati. Akibatnya, kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida turun. Niasin juga dapat meningkatkan kolesterol HDL.

Buah alpukat dimakan tanpa perlu dimasak sebab bila dimasak rasanya akan pahit. Jangan pula menambahkan gula pasir karena karbohidrat sederhana ini dapat meningkatkan kadar trigliserida. Makanlah buah alpukat masak setiap hari sebanyak 0,5 sampai 1,5 buah dengan ukuran normal.

Baca juga  STROKE, TERAPI PENGOBATAN DENGAN BIOSPRAY

2. Pisang

Pisang disarankan untuk dikonsumsi para perempuan hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan sebab 1 buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Buah kiwi

Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi, lebih banyak daripada buah jeruk dan buah apel. Selain itu, karena mengandung vitamin C yang kaya, buah kiwi juga memiliki asam folat yang bermanfaat bagi perempuan yang ingin hamil lebih mudah. Jumlah vitamin C pada kiwi adalah dua kali lipat dari jeruk dan lima kali lebih banyak dari apel.

Tindakan untuk mengantisipasi ancaman diabetes pada ibu hamil

Demikian informasi tentang tindakan untuk mengantisipasi ancaman diabetes pada ibu hamil, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini