Tips Menyimpan Sayur dan Buah Sehat Untuk Penderita Diabetes

Tips menyimpan sayur dan buah untuk penderita diabetes

Tips menyimpan sayur dan buah sehat untuk penderita diabetes

  1. Ubah isi kulkas

Kulkas sudah seperti gudang makanan yang harus ada di dapur. Tidak memiliki kulkas, seolah tidak memiliki stok makanan yang suatu ketika dibutuhkan ketika lapar. Oleh karena itu, apa yang ada di dalamnya adalah cerminan jenis makanan yang biasa dikonsumsi seluruh keluarga.

Dengan mengubah apa yang ada di dalamnya dengan buah-buahan segar siap makan, secara psikologis akan mendorong anggota keluarga untuk memakan buah-buahan tersebut. Biasanya orang akan cenderung memakan apa yang sudah ada daripada harus mencari-cari. Dengan demikian, mengubah isi kulkas akan mengubah kebiasaan jenis makanan yang telah menjadi favorit keluarga seperti gorengan atau makanan fast food menjadi buah yang lebih sehat.

  1. Beli sayur dan buah-buahan yang sedang musim

Jangan terpaku pada manfaat sayur atau buah tertentu sehingga kita merasa harus membelinya saat itu juga. Lebih baik beli sayur dan buah yang sedang dan mudah ditemukan di pasaran saja. Selain menghemat biaya dan tenaga, sayur dan buah musiman juga lebih baik karena umumnya tidak perlu dikirim dari tempat yang jauh. Hal ini menekan risiko terkena zat kimia yang mungkin saja ditambahkan pada sayur dan buah dengan tujuan membuatnya tahan lama.

Tips menyimpan sayur dan buah sehat untuk penderita diabetes

  1. Menambah porsi sayuran tanpa terasa

Jadikan sayuran sebagai menu utama dan tambahkan bahan makanan lain sebagai pelengkap. Mulailah menyiapkan salad mentah atau lalap di setiap jadwal makan. Anda juga bisa menyertakan parutan wortel atau labu kuning yang sudah ditimbang  setiap kali membuat muffin atau kue. Saat jajan di restoran fast food, pesan menu yang berbasis sayuran, seperti piza ber topping jamur dan sayuran, atau kentang panggang brokoli. Akan lebih baik lagi jika semua anggota keluarga membawa bekal tomat, ketimun, selada, dan sayuran segar lainnya. Dengan demikian, kalaupun di tempat jajan tidak ada menu sayur, bekal tersebut bisa dimanfaatkan.

  1. Perhatikan kebersihan

Cuci semua bahan makanan, seperti buah dan sayur. Bila perlu, untuk membunuh cacing yang tak kasat mata, rendam sebentar dalam air yang ditaburi 1-2 sendok makan garam dapur. Setelah itu, bilas dengan air matang. Gunakan peralatan makan dan minum yang steril untuk bayi. Setelah dicuci bersih, rendam dalam air mendidih atau masukkan ke dalam sterilizer setidaknya selama lima menit. Cuci Lengan dengan sabun sebelum dan sesudah mencicipi makanan. Jika ingin mencicipi makanan atau makanan yang siap disajikan, gunakan sendok yang berbeda. Hal ini untuk menghindari perpindahan virus atau kuman yang mungkin ada di mulut kita ke mulut anak.

Tips menyimpan sayur dan buah sehat untuk penderita diabetes

Begitulah tips menyimpan sayur dan buah sehat untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat bagi Anda.

Silahkan komen disini