Transient Ischemic Attack

Transient Ischemic Attack

Transient ischemic attackSuatu kondisi penurunan status neurologi karena gangguan aliran darah dengan durasi kurang dari satu jam dan pada gambaran CT scan/MRI kepala ditemukan gambaran kelainan yang sesuai atau durasi < 24 jam, tanpa ada kelainan pada CT scan/MRI kepala.

Menurut Dr Emil Matarese, direktur pusat stroke yang utama di St Mary Medical Center di Langhorne, Pa., Tubuh telah alami agen bekuan-penghilang. “Akhirnya semua bekuan akan larut, tapi apakah ada kerusakan tergantung pada berapa lama gumpalan berada di tempat,” kata Dr Matarese. Namun, karena tidak ada cara untuk memprediksi kapan bekuan akan larut sendiri, waktu adalah esensi. “Kapanpun Anda memiliki gejala stroke, dial 9-1-1 segera dan sampai ke ruang gawat darurat sehingga Anda dapat dievaluasi. Jangan menunggu untuk melihat apakah gejala pergi. “

Sementara sebagian besar stroke tidak didahului oleh TIA, sekitar sepertiga dari orang-orang yang mengalami TIA pergi untuk mengalami stroke dalam waktu satu tahun. “TIA adalah stroke peringatan dan memberikan waktu pasien untuk bertindak dan menjaga stroke permanen dari terjadi,” kata Dr Matarese. “Dengan mengenali gejala TIA dan mendapatkan ke rumah sakit, pasien bisa mendapatkan bantuan dalam mengidentifikasi mengapa TIA terjadi dan mendapatkan perawatan – baik melalui obat-obatan atau operasi -. Yang dapat mencegah stroke dari terjadi”.

Epidemiologi

Angka kejadian yang pasti dari transient ischemic attack (TIA) tidak terlalu jelas , namun ditengarai sepertiga dari keseluruhan angka terjadinya stroke.

Transient ischemic attack

Gejala & Tanda

Gambaran klinis yang timbul tergantung dari daerah otak yang terserang, namun sebagaian kasus memiliki manifestasi klinis berupa kelemahan atau kesemutan pada satu sisi tubuh, tiba-tiba tidak dapat melihat (amourosis fugax), gangguan berkomunikasi (afasia).

Terapi/Solusi

Bila merupakan serangan pertama, pemeriksaan CT scan dapat dilakukan,namun bila TIA sudah berulang sebaiknya dilakukan pemeriksaan cerebal digital subtraction angiography (C-DSA).

Pencegahan

Berkonsultasilah ke dokter/spesialis saraf. Penderita biasanya akan diberikan terapi antiplatelet dan terapi untuk mengendalikan factor-faktor penyulit seperti darah tinggi dan kencing manis. Selain itu, pola & hidup & makan harus segera diubah.

Tahukah Anda?

TIA berpotensi untuk menjadi stroke sejak satu hari pertama pasca TIA.

Transient ischemic attack

Baiklah, terimakasih anda sudah membaca artikel dengan judul transient ischemic attack semoga bermanfaat.

Silahkan komen disini