Tremor

Tremor

TremorSuatu alunan, goyangan, getaran, pergerakan anggota tubuh yang bercirikan ritmis, tak terkendali, tak terkontrol, dan di luar kemauan (involunter).

Epidemiologi

Sekitar 98% penduduk dewasa tua multietnis terdeteksi tremor dan sepertiganya diketahui bahwa tremor memburuk dengan aktivitas. Prevalensi tremor esensial sebesar 0,4-6 %, yang dialami oleh 23% usia lanjut. Literature lain menyebutkan bahwa tremor esensial memengaruhi sekitar 4% orang dewasa berusia >40 tahun. Tremor esensial adalah gangguan tremor yang paling umum dijumapi dan sering kali memengaruhi berbagai aktivitas kehidupan, seperti menulis dan makan.

Gejala & Tanda

Tremor dapat terjadi pada kepala, rahang, lidah (berupa suara), dagu, diafragma, badan, anggota gerak (tangan, tungkai).

Tremor

Penyebab

Contoh obat yang dapat menyebabkan tremor, seperti : alcohol, insulin, salbutamol, adrenalin, litium, steroid, antidepresan trisiklik, antidopaminergik, antiaritmia, antiepileptic, neuroleptic,, siklosporin.

Terapi / Solusi

Solusi tremor tergantung tingakat keparahan dan penyebab yang mendasari. Pada tremor esensial, pemberian propranolol dan primidone efektif. Kombinasi keduanya lebih efektif untuk menekan tremor esensial daripada pemberian satu obat. Primidone dan propranolol adalah terapi utama tremor esensial.

Primidone diperlukan untuk meredakan tremor. Efek sampingnya adalah mengantuk, mual, gelisah, dan vertigo. Untuk meminimalkan efek samping, dimulai dari dosis terendah, lalu secara bertahap dinaikkan bila diperlukan.

Pencegahan

Bila stress dan cemas memperburuk tremor, relaksasi dan biofeedback efektif mengatasi tremor pada beberapa penderita. Onat-obatan pencetus atau yang meperburuk tremor sebaiknya dihindari. Penderita tremor disarankan pula menghindari kafein.

Tahukah Anda?

  1. Frekuensi tremor fisiologis dewasa muda adalah 8-12 Hz dan secara bertahap menurun sesuai usia 6-7 Hz pada orang berusia lebih dari 60 tahun.
  2. Pada penderita yang pecandu alcohol, tremor fisiologis haruslah dibedakan dengan asteriksis (tremor dari tangan ketika pergelangan tangan direntang). Asteriksis adalah tanda ensefaalopati metabolic yang sering kali menyertai tanda=tanda lain gagal hati pada penderita ini.
  3. Dokter menegakkan diagnosis tremor esensial dengan menggunakan kriteria Consesnsus Statement of the Movement Disorder Society on Tremor. Kuesioner lain yang berkaitan dengan termor adalah Fahn-Tolosa-Marin Tremor Rating Scale (FTMTRS).

Tremor

Baiklah, terimakasih anda sudah membaca artikel dengan judul tremor semoga bermanfaat.

Silahkan komen disini