Tumor Otak

Tumor Otak

Tumor OtakNeoplasma (keganasan berupa benjolan padat) di dalam rongga kepala, yang merupakan suatu pertumbuhan abnormal sel-sel di dalam otak sumsum tulang belakang. Singkatnya, tumor otak adalah pertumbuhan sel-sel otak yang tak normal.

Epidemiologi

Pravelansi tumor otak adalah 1 dari 10.000-20.000 individu. Pada studi epidemiologis yang dilakukan di Mayo Clinic selama lebih dari 40 tahun, rata-rata insiden tumor otak adalah 19,1 per 100.000 orang per tahun.

Penyebab

Tumor otak terjadi akibat pembelahan sel yang abnormal dan tidak terkendali, biasanya di dalm otak berupa neuron, sel-sel glial, jaringan limfatik, pembuluh darah, dan kelenjar merupakan bagian yang bisa terkena tumor otak.

Factor genetic juag berperan. Kehilangan tumor suppressor genes melalui mutasi gen berperan di dalam pembentukan tumor otak, yang disebut gliblastoma multiforme. Trauma/cedera juga berkontribusi terhadap kejadian tumor otak, meskipun jarang.

Tumor Otak

Gejal & Tanda

Tumor otak pada mulanya bisa tanpa gejala ataupun ditandai sakit/nyeri kepala. Nyeri kepala seperti ditusuk atau berdenyut. Frekuensi serangan dan intensitasnya semakin lama semakin menghebat, terkadang diikuti muntah menyemprot. Selain itu , tumor otak juga dapat disertai gejala neurologis, seperti kejang fokal (terpusat), monoparesis (lumpuh satu sisi), gangguan sensibilitas, gangguan visual, gangguan mental, gangguan konsentrasi, pelupa mudah merasa lelah, mudah marah. Gejala neurologis ini dapat timbl atau tidak, tergantung lokasi di otak.

Pemeriksaan Penunjang

Dapat dilakukan pemeriksaan rontgen tengkorak kepala, EEG, arteriografi, atau langsung CT scan otak. Pemeriksaan tumor otak menggunakan CT scan biasanya diikuti dengan pemeriksaan MRI. Bila diperlukan, maka dilakukan arteriografi. Pemeriksaan radiologi perlu dikonfirmasikan dengan pemeriksaan jaringan (histologi). Pemeriksaan radiologi mampu memperkirakan stadium tumor otak dengan keakuratan mencapai 74%. Pemeriksaan patologi anatomi diperlukan hanya pada tumor otak yang dioperasi.

Terapi/Solusi

Solusi direkomendasikan dokter sesuai keadaan penderita. Dilakukan operasi bila memang diperlukan. Bila tumor otak telah menyebar, maka dokter akan melakukan terapi dengan teknik stereotactic radiosurgery (SRS) atau bahkan whole brain radiation therapy (WBRT). Caranya adalah dengan menembakkan sinar radiasi tepat ke sel target di otak untuk mencegah sel-sel tumor otak itu tumbuh dan berkembang biak.

Pencegahan

Hingga kini, belum ada strategi pencegahan yang efektif untuk tumor otak. Untuk mencegah penyakit menuju ke stadium lanjut, maka seseorang disarankan untuk segera ke dokter bila merasakan (salah satu) gambaran klinis yang telah dipaparkan sebelumnya.

Tumor Otak

Baiklah, terimakasih anda sudah membaca artikel dengan judul tumor otak semoga bermanfaat.

Silahkan komen disini