Apa yang Terjadi Pada Diabetes?

Apa yang terjadi pada diabetes? - www.biosprayid.com

Apa yang Terjadi Pada Diabetes?

Apa yang terjadi pada diabetes? Pankreas adalah kelenjar yang berada di perut bagian belakang dan dihubung langsung dengan saluran yang menuju usus. Salah satu fungsi utama pankreas ada mengeluarkan enzim-enzim dalam proses pencernaan makanan. Enzim tersebut sangat diperlukan untuk mencerna makanan menjadi zat gizi dan membantu proses penyerapannya ke tubuh.

Selain memproduksi enzim, pankreas juga menghasilkan hormon yang langsung dialirkan ke saluran darah. Oleh karena itu, pankreas merupakan salah satu organ dalam tubuh yang bertugas menjaga agar kadar gula darah selalu berada dalam batas aman. Gula yang melebihi batas normal akan meracuni dan mengganggu “mesin” kehidupan dalam tubuh. Jadi apabila gula darah tinggi, seperti ketika sesudah makan,  maka secara otomatis pankreas (tepatnya sel β) akan membuat dan mengeluarkan insulin. Insulin akan menurunkan gula dengan cara mendistribusikan gula masuk ke dalam sel-sel yang akan diolah lebih lanjut untuk menjadi energi.

Tubuh sangat memerlukan insulin. Tanpa insulin, tubuh tidak dapat mengambil manfaat dari makanan yang telah dikonsumsi. Makanan dicerna oleh tubuh menjadi gizi seperti glukosa dan asam lemak yang memberi energi. Selain itu, zat-zat tersebut juga berguna untuk membangun tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak serta berfungsi sebagai cadangan makanan.

Selama pankreas dapat menjalankan tugasnya dengan tepat, semua berjalan dengan lancar tanpa kelainan. Namun saat kadar gula tinggi, maka pankreas akan “sakit” dan kemampuannya dalam menghasilkan insulin akan menjadi berkurang dengan memberikan tanda-tanda seperti lebih sering buang air kecil dan badan menjadi lemas.

Selain itu, pankreas juga bisa mengalami masalah lain, yaitu insulin yang dihasilkan tidak bisa diterima oleh sel-sel karena ada yang menghambat. Gula tidak bisa masuk ke dalam sel sehingga gula di dalam aliran darah tetap tinggi. Pankreas tidak bisa mengatasi hal itu sendirian dan berharap ada yang memberi obat yang man mengurangi hambatan itu. Obat itu sudah diciptakan oleh para pakar, meski belum bekerja sempurna. Hambatan ini ternyata dapat juga dikurangi dengan berolahraga yang teratur dan mengurangi kegemukan. Kondisi seperti itulah yang terjadi pada orang diabetes. Pada akhirnya, gula darah yang berlebih di dalam darah akan langsung dibuang melalui urine sehingga urine akan terasa manis.

Terkait: Penyebab Diabetes

Penyebab diabetes - www.biosprayid.com

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gula darah yang selalu tinggi dapat terjadi karena tiga hal: 1) pankreas yang sakit tidak dapat menghasilkan insulin; 2) kerja insulin mengalami hambatan; atau 3) pankreas tidak dapat menghasilkan insulin sama sekali.

Dalam perjalanannya, diabetes menjadi penyakit yang sangat ditakuti. Gula darah yang terus meninggi akan meracuni tubuh kita termasuk organ-organnya. Kerusakan-kerusakan itu disebut komplikasi diabetes yang bisa terjadi di jantung, mata, ginjal, dan lain. Oleh karena itulah diabetes dianggap penyakit yang berbahaya dan ditakuti. Akan tetapi, apabila diabetes disadari dan dikelola sejak dini, bahaya seperti itu dapat diminimalisasi dan penderita tetap bisa hidup dengan aman dan nyaman.

Begitulah informasi tentang apa yang terjadi pada diabetes, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini