Dampak Diabetes Pada Bayi Baru Lahir

Dampak Diabetes Pada Bayi Baru Lahir - www.biosprayid.com

Dampak Diabetes Pada Bayi Baru Lahir

Dampak diabetes pada bayi baru lahir. Beberapa dampak diabetes pada bayi / janin.

  • lahir prematur

Seperti halnya penderita diabetes lainnya, serangan hipoglikemik yang mungkin terjadi selama kehamilan dapat membahayakan jiwa penderita termasuk  juga janin yang dikandungnya. Perkembangan dan pertumbuhan bayi dapat terganggu oleh kontrol gula darah yang rendah. Jika bayi harus dilahirkan lebih awal karena ukurannya yang besar, ia akan lahir prematur dan berisiko  mengalami banyak masalah yang biasa dimiliki bayi prematur.

Jika selama kehamilan kadar gula darah ibu tinggi, glukosa akan melintasi plasenta ke dalam sirkulasi bayi dan mengakibatkan bayi menjadi gemuk. Hal ini  terjadi karena pankreas bayi memproduksi insulin meskipun pankreas ibu tidak ikut memproduksinya. Insulin tersebut nantinya akan mengubah glukosa menjadi lemak sehingga bayi akan tumbuh lebih besar selama kehamilan dan persalinan  harus dilakukan lebih awal untuk menghindari komplikasi. Jika ibu diinduksi terlalu dini, ibu berisiko tidak siap melahirkan dan proses induksi akan gagal sehingga operasi Cesar harus dilakukan. Salah satu komplikasi dari persalinan dini adalah paru-paru bayi tidak dapat “matang” seluruhnya yang mengakibatkan sindrom  gangguan pernapasan. Bayi dengan kondisi ini perlu dirawat menggunakan ventilator di Unit Khusus Perawatan Bayi sampai paru-paru mereka cukup baik untuk mengatasinya.

Jika persalinan dini direncanakan, ibu akan diberi suntikan steroid sebelum melahirkan untuk membantu “mematangkan” paru-paru bayi dan mengurangi risiko sindrom gangguan pernapasan. Kekurangannya adalah steroid meningkatkan kadar gula darah sehingga diperlukan insulin selama beberapa hari sampai efek steroid habis.

Jika kadar gula darah ibu dijaga ketat dalam batas normal selama kehamilan, bayi cenderung tumbuh lebih cepat dari rata-rata dan kehamilan dapat berlanjut selama 40 minggu. Ini dapat menghindari risiko operasi Cesar dan juga dapat mengurangi kemungkinan sindrom gangguan pernapasan pada bayi.

Dampak diabetes pada bayi baru lahir

Gula darah yang rendah (hipoglikemia) selama beberapa jam pertama setelah kelahiran terjadi karena pankreas bayi memproduksi insulin berlebih selama dalam kandungan agar terlindung dari kadar gula darah ibu yang tinggi. Jika gula darah ibu dikontrol secara ketat selama kehamilan dan persalinan, risiko hipoglikemia pada bayi akan berkurang. Periksakan kadar gula darah bayi pada saat lahir dan selama 24 jam selanjutnya sehingga perawatan dapat segera diberikan jika gula darah bayi rendah.

  • Bayi lahir kuning.

 

Bayi yang lahir dari ibu penderita diabetes lebih berisiko menjadi kuning. Hal ini bisa disebabkan oleh kelahiran dini, meskipun terkadang bayi yang lahir cukup bulan juga bisa menjadi kuning. Alasan untuk hal ini masih belum jelas, tetapi biasanya masalahnya ringan dan penyakit kuning dapat diatasi dengan pengobatan.

  • Hidramnion

Hidramnion adalah jumlah cairan yang berlebihan di sekitar janin dan lebih sering terjadi pada ibu penderita diabetes. Keadaan ini berkaitan dengan cara si ibu mengontrol diabetes selama kehamilan. Untuk mengurangi risiko terjadi lagi pada kehamilan berikutnya, jagalah HbAlc dan kadar gula darah sedekat mungkin dengan nilai normal sejak awal kehamilan.

Dampak diabetes pada bayi baru lahir

Demikian informasi tentang dampak diabetes pada bayi baru lahir, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini