Dampak Diabetes pada Bayi

Dampak Diabetes pada Bayi - www.biosprayid.com

Dampak Diabetes pada Bayi

 

Dampak diabetes pada bayi. Jika tidak dikendalikan dengan baik, diabetes yang disertai kehamilan akan berdampak buruk terhadap bayi dan ibu. Si jabang bayi dapat tumbuh besar lebih dari besar normal (makrosomia), yaitu berat lahirnya lebih dari 4 kg (disebut bayi raksasa atau giant baby).

Mengapa hal  itu bisa terjadi? Jika selama kehamilan kadar gula darah ibu meninggi, maka glukosa akan melintasi plasenta ke dalam sirkulasi bayi dan mengakibatkan bayi menjadi gemuk. Hal ini terjadi karena pankreas bayi memproduksi insulin, meskipun pankreas ibu tidak memproduksinya. Insulin tersebut nantinya akan mengubah glukosa menjadi lemak. Akibatnya, bayi tumbuh lebih besar selama kehamilan dan persalinan harus dilakukan lebih awal untuk menghindari komplikasi.

  • Cacat lahir

 

Kurangnya kontrol diabetes pada saat pembuahan dapat mempengaruhi proses pembelahan dan perkembangan telur menjadi janin. Pada tahap ini, semua organ dan anggota badan janin terbentuk dalam hitungan menit. Keadaan ini terkadang mengakibatkan kelainan bawaan seperti spina bifida (cacat pada tulang belakang), timbulnya lubang abnormal di jantung, dan bibir sumbing. Risiko ini dapat dikurangi seminimal mungkin dan bahkan dihilangkan dengan memastikan HbA1c

Dampak diabetes pada bayi

normal sebelum kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi HbA1c pada saat pembuahan, semakin tinggi pula risiko bayi memiliki abnormalitas.

Kehilangan bayi akibat cacat lahir merupakan hal yang menyedihkan. Sebuah bukti ilmiah menunjukkan bahwa perkembangan cacat pada bayi disebabkan oleh kontrol gula darah yang rendah pada beberapa minggu pertama kehamilan.  Risiko ini dapat dikurangi dengan memastikan kontrol yang sempurna saat kehamilan, yakni dengan menargetkan HbAlc kurang dari 7,5%. Risiko cacat bawaan hanya terbatas pada tahap awal kehamilan. Awal kehamilan merupakan tahap ketika berbagai komponen tubuh bayi mulai berkembang. Penting untuk dipahami bahwa risiko untuk bayi meningkat sejalan dengan peningkatan HbA1c. Semakin rendah HbAlc hingga di bawah 7,5%, semakin rendah pula resikonya.

Dampak diabetes pada bayi

Demikian informasi tentang dampak diabetes pada bayi, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini