Gejala Penyakit Hipertensi

Gejala Penyakit Hipertensi

Gejala Penyakit Hipertensi - www.biosprayid.com

Gejala Penyakit Hipertensi

Gejala Penyakit Hipertensi. Pada sebagian besar penderita, hipertensi tidak menimbulkan gejala. Walaupun secara tidak sengaja beberapa gejala terjadi bersamaan dan dipercaya berhubungan dengan tekanan darah tinggi (padahal sesungguhnya tidak). Gejala penyakit hipertensi yang dimaksud yaitu sakit kepala, pendarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan. Padahal, gejala tersebut bisa terjadi pada penderita hipertensi maupun pada seseorang dengan tekanan darah normal.

Jika hipertensinya berat atau menahun dan tidak diobati, bisa timbul gejala sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak napas, gelisah dan pandangan menjadi kabur karena kerusakan pada otak, mata, jantung, dan ginjal. Gejala penyakit hipertensi bervariasi pada masing-masing individu dan hampir sama dengan gejala penyakit lainnya.

Gejala Penyakit Hipertensi

  1. Sakit kepala
  2. Jantung berdebar-debar
  3. Sulit bernapas setelah bekerja keras atau mengangkat beban berat
  4. Mudah lelah
  5. Penglihatan kabur
  6. Wajah memerah
  7. Hidung berdarah
  8. Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  9. Telinga berdening (tinnitus)

 

Gejala hipertensi biasanya tidak dirasakan, sehingga penyakit ini disebut silence diaseas. Banyak orang yang menganggap tekanan darah tinggi itu pasti menyebabkan pusing. Karena kekeliruan itu, tidak semua pasien berobat, paling tiap tahun sekali memeriksa tekanan darah, sedang yang sakit setiap bulan sekali.

Hipertensi sulit disadari karena tidak memiliki gejala khusus. Namun, ada beberapa hal yang setidaknya dapat dijadikan indikator, sebab berkaitan langsung dengan kondisi fisik, seperti pusing atau sakit kepala, sering gelisah, wajah merah dan lain-lain.

Hipertensi menyebabkan timbulnya suatu penyakit yang dibawa akibat tekanan darah yang tinggi seperti menimbulkan resiko terhadap stroke, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung dan gagal ginjal. Penyakit hipertensi tak mengenal batasusia seseorang dan jenis kelamin, semua oarang memiliki resiko yang sama terhadap hipertensi tanpa harus menimbulkan ciri atau gejala terlebih dahulu. Berikut ciri-ciri umum hipertensi :

Ciri-ciri darah tinggi atau hipertensi biasanya ditandai dengan adanya peningkatan resistensi terhadap aliran darah ke seluruh tubuh. Menurut American Herat Association (AHA), penduduk Amerika yang berusia di atas 20 tahun menderita hipertensi telah mencapai angka hingga 74.5 juta jiwa, namun hampir sekitar 90-95 kasus tidak diketahui penyebabnya.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri umum dari dari hipertensi yang wajib Anda ketahui. Beberapa ciri-ciri ini diantaranya adalah :

  1. Resistensi insulin

Resistensi insulin adalah salah satu ciri dari tekanan darah tinggi. Pada sebuah studi yang dilakukan oleh Muhammad F. Saad pada tahun 2004 yang dimuat dalamjumlah Hipertensi, ia mengatakan resistensi terjadi peningkatan di dalam darah yang kemudian dikaitkan oleh hipertensi, yang sebenarnya resistensi insulin ini terjadi pada penyakit diabetes.

Para ahli mencatat bahwa resistensi insulin atau insulinemia ini memiliki kaitan yang erat dengan ciri-ciri tekanan darah tinggi atau darah ada mereka yang memiliki penyakit diabetes melitus tipe 2. Hali ini dilatar belakangi oleh glukosa yang diubah dan mengalami peningkatan pada plasma insulin yang menghasilkan efek negatif pada didnding pembuluh darah.

  1. Pembesaran Ventrikel Kiri

Vertikel kiri yakni ruang jantung yang bertanggung jawab untuk memompa darah ke jaringan tubuh yang membesar merupakan ciri-ciri darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah yang meningkat memaksa kerja jantung lebih keras dan cepat dari biasanya untul memompa darah keseluruh tubuh.

Selain itu terjadi dorongan darah melaluli pembuluh darah yang menyempit atau terjadi hambatan yang signifikan yang menyebabkan ventrikel kiri jantung untuk memperbesar atau kaku, kondisi ini disebut hipertrofi ventrikel kiri.

  1. Penurunan Fungsi Arteri

Terjadinya penurunan fungsi arteri atau perubahan dalam struktur pembuluh darah merupakan ciri-ciri darah tinggi. Hal inilah yang membuat tekanan darah tinggi dibutuhkan pemeriksaanoleh tenaga medis. Ciri-ciri tekanan ini disebut anteriosklerosis.

Gejala Penyakit Hipertensi

Itulah gejala penyakit hipertensi, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini