Kebiasaan buruk penyebab kaki diabetikum

Kebiasaan Buruk Penyebab Kaki Diabetikum

Kebiasaan buruk penyebab kaki diabetikum - www.biosprayid.com

Kebiasaan buruk penyebab kaki diabetikum

Kebiasaan buruk penyebab kaki diabetikumBeberapa kebiasaan buruk yang kurang sehat yang jarang disadari, terutama bagi penderita diabetes:

  1. Tidak mengenakan sepatu, sandal dll
  2. Mengenakan sepatu yang terlalu kecil/sempit
  3. Perawatan kuku yang kurang benar, seperti memotong kuku dengan cara yang salah dan kebiasaan mencungkil kuku yang kotor,
  4. Tidak merawatan luka dengan benar ketika ada luka kecil.

Kebiasaan buruk di atas dapat sebabkan beberapa akibat antara lain:

  1. Akibat pemakaian sepatu yang sempit bisa terjadi luka melepuh di kaki, atau dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk orang yang tidak diabetes adalah hal yang biasa, tetapi luka tersebut menjadi masalah besa bagi orang diabetes .
  2. Kapalan,mataikan, dan melepuh.

Kebiasaan buruk penyebab kaki diabetikum

mata ikan (kutilmulmul), Kapalan (callus),  adalah penebalan atau pengerasan kulit yang juga terjadi pada kaki diabetik, hal ini diakibatkan dari adanya neuropati dan penurunan sirkulasi darah serta tekanan atau gesekan yang berulang-ulang pada daerah tertentu di kaki. hindari pemakaian sepatu yang sempit karena kejadian kulit melepuh atau iritasi  sering diakibatkan oleh pemakaian sepatu yang sempit.

  1. Cantengan

Cantengan adalah kejadian luka infeksi pada jaringan sekitar kuku yang sering dikarenakan pertumbuhan kuku yang salah. Ini dapat disebabkan oleh perawatan kuku yang tidak benar, misalnya kebiasaan mencungkil kuku yang kotor, dan pemotongan kuku yang salah,

  1. Kulit kaki retak dan luka kena kutu air

kulit sangat kering, bersisik, retak, dan pecah-pecah terutama pada sela-sela jari kaki dapat disebabkan oleh Kerusakan saraf . Kulit kaki yang pecah membuat berkembangnya infeksi jamur yang dikenal dengan kutu air yang dapat berlanjut menjadi ulkus ganggren.

  1. Kutil pada telapak kaki

Kutil pada telapak kaki disebabkan oleh virus dan sangat sulit dibersihkan.

  1. Radang ibu jari ( jari seperti martil )

Pemakaian sepatu yang terlalu sempit dapat menimbulkan luka pada jari-jari kaki, kemudian terjadi peradangan. Adanya neuropati dan peradangan lain pada jempol kaki bisa sebabkan terjadinya perubahan bentuk ibu jari kaki seperti martil (hammer toe).

Kebiasaan buruk penyebab kaki diabetikum

Itulah informasi tentang kebiasaan buruk penyebab kaki diabetikum, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini