Komplikasi Menahun (Kronis)

Komplikasi Menahun (Kronis) - www.biosprayid.com

Komplikasi Menahun (Kronis)

Komplikasi menahun (kronis). Semua komplikasi pada diabetes ditakuti. Komplikasi akut bisa mendadak mengancam hidup. Komplikasi kronis membuat orang hidup lebih lama tetapi merasa tidak sehat, tersiksa karena gejala-gejalanya dan juga karena biaya pengobatan yang semakin mahal.

Komplikasi kronis biasanya muncul setelah 10-15 tahun sejak diagnosis diabetes dilakukan. Namun pada diabetes tipe-2, seringkali beberapa komplikasi kronis sudah terjadi sewaktu pasien pertama kali didiagnosis menderita diabetes. Hal ini terjadi karena sebenarnya si pasien sudah lama menderita diabetes tanpa gejala yang jelas atau si pasien tidak pernah cek kadar gula darahnya sehingga komplikasi tidak terpantau.

Komplikasi kronis khas diabetes sendiri disebabkan karena kelainan pada pembuluh darah besar, pembuluh darah kecil dan halus, serta susunan saraf.

  1. Komplikasi kronis yang disebabkan kelainan pembuluh darah halus (mikroangiopati) dapat bermanifestasi/terwujud pada organ-organ: mata (retinopati) dan ginjal (nefropati yang pada akhirnya perlu cuci darah).
  2. Komplikasi yang disebabkan kelainan pembuluh darah besar (aterosklerosis) dapat terwujud sebagai penyakit kardiovaskular (PVK) pada organ jantung (yang bisa menyebabkan serangan jantung), otak (bisa menyebabkan stroke), dan di tungkai bawah.
  3. Komplikasi yang disebabkan kelainan saraf disebut neuropati biasanya tampak di beberapa organ Baja meski pembuluh darah dan saraf ada di mana-mana.

Terkait:

 Begitulah informasi tentang komplikasi menahun (kronis), semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini