Komplikasi Mendadak (Akut)

Komplikasi Mendadak (Akut) - www.biosprayid.com

Komplikasi Mendadak (Akut)

Komplikasi mendadak (akut). Komplikasi akut adalah komplikasi yang datang secara mendadak tanpa ada aba-aba. Meski demikian, komplikasi akut ini bisa sembuh jika diatasi. Yang termasuk ke dalam jenis komplikasi akut adalah infeksi yang sulit sembuh, koma hiperglikemik (koma diabetik), hipoglikemi dan koma hipoglikemik.

  • Infeksi yang sulit sembuh dan lebih sering terjadi

Terkadang penderita diabetes juga dapat mengalami infeksi, yaitu masuknya kuman ke dalam tubuh seperti flu, borok (biasanya di kaki), atau radang paru-paru.  Bedanya, penderita diabetes lebih mudah terkena infeksi dan lebih sulit sembuh terlebih jika kadar gula darahnya tinggi. Mengapa demikian?

Pada penderita DM ditemukan lebih banyak kuman dan jamur di tubuhnya. Sebagai contoh, penderita DM, khususnya perempuan, sering mengalami infeksi jamur pada alat genitalia. Penderita dengan kendali gula darah yang buruk sering mengalami infeksi pada gigi dan mulut. Pada keadaan hiperglikemi, kuman gram positif akan tumbuh lebih subur.

Pada keadaan normal, kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh akan dilawan dan dibunuh oleh pasukan pertahanan tub uh, yaitu leukosit atau sel darah putih.  Pada diabetes, pada waktu kadar gula darah tinggi lebih dari 200 mg/dl, kekuatan sel-sel darah putih untuk pergerakan, penempelan, fagositosis sel, dan kemampuan membunuh kuman akan berkurang. Oleh karena itu, kuman yang masuk menjadi 1ebih sukar untuk dibunuh dan justru terns berkembang-biak sehingga infeksi menjadi sukar untuk sembuh, apalagi infeksi di kaki.

Pada diabetes tipe-2 yang belum terkendali (gula darahnya masih tinggi), apabila terjadi infeksi berat seperti infeksi paru atau borok di kaki, gula darah bisa semakin meningkat secara mendadak. Dalam keadaan tersebut, gejala klasik diabetes akan jadi lebih berat. Jadi, khusus bagi penderita diabetes, begitu timbul gejala infeksi, harus segera mengobatinya dengan benar dengan pergi ke dokter.

Terkait: 

Silahkan komen disini