Komplikasi pada Anak penderita Diabetes

Komplikasi pada Anak penderita Diabetes

Komplikasi pada Anak penderita Diabetes - www.biosprayid.com

Komplikasi pada Anak penderita Diabetes

Komplikasi pada anak penderita diabetes. Orang tua harus mewaspadai hal ini karena anak-anak penyandang DM tipe-1 rentan terhadap komplikasi. Dalam jangka pendek, komplikasi yang muncul adalah hiperglikemia dan hipoglikemia. Pada kondisi hiperglikemia, kadar gula dalam darah terlalu banyak. Sebaliknya pada kondisi hipoglikemia, tubuh kekurangan kadar gula dalam darah. Di samping itu, anak dengan DM tipe-1 juga bisa mengalami ketoasidosis. Ketoasidosis adalah suatu kondisi yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Kondisi ini terjadi apabila kelebihan gula dalam tubuh terlalu berat sehingga dibentuk zat sampingan oleh tubuh berupa keton. Keton  mengakibatkan darah menjadi asam dan dapat meracuni otak hingga kesadaran pasien akan menurun. Kalau kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka anak tersebut mengalami koma diabetik, dan bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Komplikasi pada anak penderita diabetes

Tanda dan Gejala

Gejala awalnya yang tidak begitu jelas dan pada akhirnya sampai pada gejala lanjut dan traumatic seperti mual, muntah, nyeri perut, sesak nafas, bahkan koma. Tanda-tandanya antara lain berat badan menurun drastis meskipun si anak banyak makan, banyak minum, dan banyak buang air kecil.

Anak yang semula tidak pernah mengompol, akan menjadi kerap mengompol.  Apabila gejala-gejala tersebut disertai hiperglikemia, maka diagnosis DM tipe-1 tidak diragukan lagi. Selain itu, anak dengan diabetes mempunyai kebiasaan makan yang luar biasa. Dalam sehari ia bisa makan sebanyak 4-7 kali. Itu pun masih ditambah senang ngemil cokelat, biskuit, permen, dan minuman sirup dalam kemasan.

Komplikasi pada anak penderita diabetes

Demikian informasi tentang komplikasi pada anak penderita diabetes, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini