Mempertahankan kondisi normoglikemia mulai kehamilan hingga persalinan

Mempertahankan kondisi normoglikemia mulai kehamilan hingga persalinan - www.biosprayid.com

Mempertahankan kondisi normoglikemia mulai kehamilan hingga persalinan

Selama kehamilan, placenta menghasilkan sejumlah besar hormon yang menghambat kerja insulin. Biasanya, seorang perempuan memerlukan insulin sebanyak 2-3 kali dosis normal pada masa paruh kedua kehamilan. Meskipun dosis  insulin secara keseluruhan lebih besar, kadar gula darah dapat lebih mudah dikontrol dengan fluktuasi yang lebih sedikit. Setelah kelahiran, kadar hormon turun yang berarti dosis insulin kembali ke tingkat sebelum kehamilan. Pada banyak perempuan, dosis yang dibutuhkan pada hari-hari pertama setelah melahirkan bahkan lebih rendah dari sebelum kehamilan. Saat sedang menyusui, dosis insulin yang diperlukan biasanya semakin turun. Anda harus siap untuk menurunkan dosis insulin sebanyak yang diperlukan untuk menghindari hipo.

Anda tidak perlu mengambil tindakan apa pun selain pencegahan yang dilakukan oleh semua perempuan hamil. Kenyataan bahwa suami memiliki diabetes tidak membuat kehamilan Anda menjadi berisiko. Pemantauan gula darah menjadi begitu penting jika sang ibu memiliki diabetes dengan kontrol yang ketat.

Mempertahankan kondisi normoglikemia mulai kehamilan hingga persalinan

Perawatan ibu hamil penderita diabetes telah meningkat pesat dalam 20 tahun terakhir. Kontrol gula darah yang baik adalah tujuan yang paling penting. Dengan pemantauan kadar gula darah di rumah, mayoritas perempuan dapat mencapai kadar yang baik tanpa perlu masuk ke rumah sakit. Mungkin Anda menganggap kontrol gula darah Anda lebih baik selama kehamilan kedua daripada yang pertama. Pada kehamilan yang pertama, operasi cesar dianjurkan karena bayi sudah tumbuh menjadi 3,7 kg dalam 36 minggu dan dokter khawatir ia akan menjadi lebih besar jika dibiarkan sampai 38 atau 39 minggu. Bayi yang kelebihan berat badan kemungkinan besar disebabkan karena kadar gula darahnya yang tinggi. Selama kehamilan terakhir, ketika kontrol diabetes menjadi hal yang lebih baik untuk dilakukan, bayi akan tumbuh pada tingkat yang lebih normal sehingga tidak perlu melahirkan lebih awal dan Anda dapat bersalin secara normal.

Kontrol gula darah yang ketat selama persalinan sangat penting untuk  memastikan Anda tidak membuat bayi berisiko terkena hipoglikemia dalam beberapa  jam pertama kehidupannya. Infus dan pompa insulin adalah cara yang paling efektif  untuk menjamin kadar gula darah tetap terkontrol. Dalam tindakan apa pun selalu ada kemungkinan Anda memerlukan pembiusan (misalnya untuk pembedahan atau operasi cesar) dan dengan menggunakan pompa insulin, bidan dapat memastikan bahwa jika keadaan darurat muncul, Anda akan siap.

Menjaga kadar gula darah dalam batas yang normal selama persalinan sangat penting untuk memperkecil risiko bayi mengalami hipoglikemia dalam beberapa jam pertama setelah lahir. Cara ini paling efektif dan mudah dilakukan dengan menggunakan infus insulin intravena yang dikombinasikan dengan glukosa yang diberikan dengan infus. Dengan metode ini, gula darah dapat disimpan secara tertata dan diatur kadar yang normal sampai bayi Anda dilahirkan. Metode ini juga menjamin obat bius dapat diberikan tanpa persiapan lebih lanjut jika komplikasi terjadi.

Mempertahankan kondisi normoglikemia mulai kehamilan hingga persalinan

Silahkan komen disini