Neuralgia trigeminal

Neuralgia Trigeminal

Neuralgia trigeminal - www.biosprayid.com

Neuralgia trigeminal

Neuralgia trigeminal. Gangguan saraf trigeminal yang menyebabkan nyeri wajah berat. Tipe nyeri saraf paling umum yang sering menyerang (otot/saraf) wajah.

Epidemiologi

Insiden 4-5 per hari ribu populasi. Insiden pada pria kurang dari 5 kasus per juta per tahun, pada wanita lebih dari 7 kasus per juta per tahun. Rasio pria : wanita = 1 : 2. Ada peningkatan insiden neuroalgia trigeminal pada penderita kanker dan beragam penyakit lainnya mengganggu system kekebalan tubuh (imunologis).

Prevalensi (angka kejadian) diperkirakan 40 per 100 ribu populasi. Literature lain menyebutkan ada 100-400 kasus per satu juta individu. Neuralgia trigeminal sering diderita usia 40-60 tahun. Hanya 10% kasus yang terjadi sebelum usia 40 tahun. Pada kasus-kasus yang tidak diketahui penyebabnya (trigeminal neuralgia idiopatik), kebanyakan diderita orang berusia 50 tahun.

Penyebab

Neuralgia trigeminal disebabkan kompresi dan demielinasi saraf trigeminal. Kompresi pada saraf trigeminus di dekat sumsum tulang belakang dipicu oleh meluasnya lengkung pembuluh darah arteri karatoid atau di dekat pembuluh darah vena. Meluasnya pembuluh darah ini dapat disebabkan gangguan pembuluh darah atau tumor kecil. Tekanan di area ini menyebabkan demielinasi (hilang/rusaknya selubung myelin yang menyelubungi akson sel-sel saraf dan berperan dalam konduksi berbagai impuls saraf), yang pada akhirnya menimbulkan impuls listrik spontan dan abnormal (nyeri).

Neuralgia trigeminal

Gejala & Tanda

Serangan nyeri paroksismal (tiba-tiba, tak terkendali, terjadi di luar kehendak) berlangsung selama beberapa detik hingga dua menit. Serangan dipicu oleh dingin, sentuhan, tekanan, angina, stress, mencuci muka, mengunyah, berbicara, makan, menelan, minum, minum menggosok gigi, dan bercukur. Intensitas nyerinya berat.

Terapi / Solusi

Pada kasus neuralgia trigeminal simtomatis, terapi berdasarkan penyebab yang mendasarinya. Pada kasus yang belum diketahui penyebabnya (idiopatik), biasanya diterapi obat. Terapi medis (obat) mampu menghentikna hantaran impuls aferen pencetus serangan nyeri. Obat hanya boleh diresepkan dokter karena banyaknya efek samping. Baca juga artikel ini ya : Fibrimialgia.

Tahukah Anda?

  1. Saraf trigeminal adalah saraf kranialis kelima yang mempersarafi wajah dan rahang.
  2. Nyeri yang disebabkan oleh neuralgia glosofaringeal serupa karakteristiknya dengan neuralgia trigeminal.
  3. Neuralgia trigeminal tidak menular dan tidak mengancam jiwa.

Neuralgia trigeminal

Begitulah informasi tentang neuralgia trigeminal, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini