Penanggulangan Obstetri Pada Ibu Hamil Diabetes

Penanggulangan Obstetri Pada Ibu Hamil Diabetes - www.biosprayid.com

Penanggulangan Obstetri Pada Ibu Hamil Diabetes

Penanggulangan obstetri pada ibu hamil diabetes. Pada penderita yang penyakitnya tidak berat dan cukup dikuasi dengan diet saja dan tidak mempunyai riwayat obstetri yang buruk, dapat diharapkan partus spontan sampai kehamilan 40 minggu. lebih dari itu sebaiknya dilakukan induksi persalinan karena prognosis menjadi lebih buruk. Apabila diabetesnya lebih berat dan memerlukan pengobatan insulin, sebaiknya kehamilan diakhiri lebih dini sebaiknya kehamilan 36-37 minggu. Lebih-lebih bila kehamilan disertai komplikasi, maka dipertimbangkan untuk menghindari kehamilan lebih dini lagi baik dengan induksi atau seksio sesarea dengan terlebih dahulu melakukan amniosentesis. Dalam pelaksanaan partus pervaginam, meksi tanpa disertai induksi, keadaan janin harus lebih diawasi jika mungkin dengan pencatatan denyut jantung janin terus-menerus.

Harus selalu kontrol dan di bawah pengawasan dokter

Kontrol ke klinik kandungan seringkali memakan waktu lama dan cukup  membosankan, tetapi “pengorbanan” ini dihargai dengan kondisi Anda dan bayi yang akan menjadi lebih baik. Persalinan bayi Anda yang sulit dan lama mungkin dapat  dihindari jika diabetes lebih terkontrol dan pertumbuhan bayi telah dipantau oleh pemeriksaan USG.

Bayi anda berukuran besar karena telah terpapar oleh konsentrasi glukosa yang tinggi selama kehamilan dan ia harus menghasilkan banyak insulin dari pankreasnya untuk mengatasi beban tambahan dari glukosa Anda. Tambahan glukosa diubah menjadi lemak dan proses inilah yang membuatnya menjadi besar. Segera setelah lahir, ia tidak lagi mendapatkan tambahan glukosa Anda, tetapi masih terlalu banyak memiliki insulin sehingga terjadilah hipoglikemia. Komplikasi ini dapat dihindari dengan menjaga kadar gula darah senormal mungkin meskipun kita tahu bahwa tindakan ini akan meningkatkan risiko hipo. Dokter spesialis dapat membantu Anda menentukan regimen insulin yang memungkinkan untuk mencapai kontrol diabetes yang baik tanpa terjadinya hipo.

Penanggulangan obstetri pada ibu hamil diabetes

Dengan kontrol gula darah yang baik, bayi dari ibu penderita diabetes seringkali lebih besar dari rata-rata, tetapi kesadaran ini dapat dideteksi oleh pemeriksaan pertumbuhan. Dokter kemudian dapat membahas waktu dan metode persalinan yang sesuai sehingga kesulitan Anda dalam proses persalinan terakhir bisa dihindari.

Perawatan kehamilan modern biasanya terbagi antara dokter spesialis diabetes dan dokter spesialis kandungan, lebih baik jika kedua dokter ini berada di sebuah klinik yang sama. Perawatan di rumah sakit jarang diperlukan selama kehamilan berlangsung normal dan kontrol gula darah tetap baik. Proses kehamilan pun harus tetap berada pada kondisi yang seharusnya. Setiap komplikasi kehamilan ditangani dengan cara yang sama seperti yang dilakukan terhadap perempuan tanpa diabetes. Perbedaannya hanya terletak pada tindakan menjaga gula darah ibu tetap normal untuk mencegah hipoglikemia terjadi pada bayi setelah dilahirkan. Walaupun sebisa mungkin persalinan dilakukan secara normal, ibu pengidap diabetes memiliki peluang yang lebih tinggi melakukan persalinan dengan operasi cesar, terutama jika bayinya besar atau perlu dikeluarkan lebih awal.

Penanggulangan obstetri pada ibu hamil diabetes

Demikian informasi tentang penanggulangan obstetri pada ibu hamil diabetes, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini