Penyakit moyamoya

Penyakit Moyamoya

Penyakit moyamoya - www.biosprayid.com

Penyakit moyamoya

Penyakit moyamoya. Gangguan pembuluh darah di otak yang disebut arteri carotid interna (AKI). Kondisi ini muncul akibat stenosis (penyempitan) atau oklusi (hambatan) satu atau kedua AKI dengan pembentukan jaringan pembuluh darah abnormal di dekat AKI.

Penyakit serebrovaskular yang progresif, kronis, dan unik, memiliki karakteristik oklusi atau stenosis bilateral di berbagai pembuluh darah arteri di sekitar the circle of wills dengan sirkulasi kolateral arteri yang nyata.

Epidemiologi

Dahulu, Moyamoya dialami oleh satu dari sejuta penduduk per tahun. Seiring pertumbuhan penduduk dan kemajuan metode riset, jumlah ini semakain meningkat. Mortalitas (angka kematian) sekitar 10% pada dewasa dan 4,3% pada anak-anak.

Penyebab

Penyebab pasti belum diketahui, diduga multifactor seperti cedera otak, infeksi (contoh : meningitis, leptospirosis, tuberculosis) terapi radiasi kepala anak-anak, kondisi genetic (misalnya sindromDown, neurofibromatosis, anemia sel sabit), penyakit vascular (contoh : aterosklerosis, dispala fibromuskular, hipertensi), kondisi pertahanan tubuh (contoh : penyakit graves atau tirotoksikosis).

Gejala & Tanda

Penderita merasakan kelemahan mendadak di lengan, kaki, atau keduanya di satu sisi (kanan/kiri). Kelemahan ini cenderung cepat menghilangnamun terjadi berulang di beberapa keadaan. Sakit kepala, kejang, gangguan mental, gangguan penglihatan. Adapun nistagmus (pergerakan mata di luar kehendak/involunter) jarang terjadi.

Penyakit moyamoya

Pemeriksaan Penunjang

Fungsi tiroid dan kadar autoantibodi tiroid meningkat pada anak yang menderita Moyamoya. Bila dijumpai ketidaknormalan pada : protein C, protein S, antitrombin III, homosistein, faktor V eiden, maka merupakan faktor risiko untuk stroke iskemik. Bila dicurigai terdapat vaskulitis, maka dokter akan merekomendasikan pemeriksaan laju endap darah (LED).

Terapi/Solusi

Penatalaksanaan Moyamoya masih jauh dari harapan. Beragam pengukuran operasi tertentu telah dilakukan, termasuk transplantasi vascular muscle flap, omentum, atau pedicle yang terdiri dari pembuluh darah arteri temporal superfisial hingga permukaan pial lobus frontal, dengan ide menciptakan persambungan pembuluh darah baru (neovaskularisasi) dari cortical convexity.

Pencegahan

Pencegahaan dilakukan dengan mewaspadai penyebab dan semua yang berkaitan erat dengan penyakit Moyamoya. Belum ditemukan strategi efektif untuk mencegah penyakit Moyamoya. Baca juga : Parkinson

Tahukah Anda?

Hubungan antara Moyamoya, sindrom Down, dan beragam tipe HLA tertentu menunjukkan kemungkinan bahwa penyakit Mayomayo diturunkan.

Penyakit moyamoya

Begitulah informasi tentang penyakit moyamoya, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini