Proses Organik, bukan Produk Organik

Proses Organik, bukan Produk Organik

Proses Organik, bukan Produk Organik - www.biosprayid.com

Proses Organik, bukan Produk Organik

Proses organik, bukan produk organik. Kata organik, memiliki arti ‘kembali ke alam’ atau ‘selaras alam’. Dengan demikian, pemahaman kata organik bukan semata ditujukan pada produk, melainkan lebih ke proses. Proses yang selaras dengan alam adalah proses yang tidak menyertakan kimia sintesis dalam penanaman atau pemeliharaannya, dan tidak menambahkan banyak tambahan kimia dalam proses pembuatannya.

Dengan melalui proses yang seperti ini, otomatis produk yang dihasilkan juga akan selaras dengan alam dan baik bagi kesehatan. Arti kata “baik” yang dimaksud di sini dapat disimpulkan secara sederhana sebagai produk makanan yang lebihdekat kepada sumber aslinya dengan lebih sedikit campur tangan manusia dalam pengolahannya serta/atau terbebas dari 4P : pewarna, pengawet, pemanis dan penyedap buatan.

Proses organik, bukan produk organik

Mengapa mesti menghindari 4P :

  • Pewarna : Dalam proses pengolahan makanan, sering digunakan pewarna sintetis. Pemakaian pewarna makanan saja tidak dianjurkan, apalagi pemakaian non-food, yang dalam banyak kasus sering ditemukan.menurut Center of Science in the Public Interest (CSPI), sebuah badan advokasi mengenai kesehatan, makanan, dan food safety yang telah berdiri sejak 1971, banyak pewarna makanan yang dizinkan di Amerika Serikat ternyata bertanggung jawab langsung terhadap penyakit kanker, hiperaktif, dan gejala-gejala akibat alergi. Senada dengan hal tersebut, British Food Standard Agency (FSA), juga melansir sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa beberapa pewarna makanan merusak otak anak dengan tingkat yang sama dengan timbal (lead) bensin dan penurunanan tingkat IQ.
  • Pengawet : dalam setiap makanan kemasan, biasanya selalu ditambahkan pengawet karena jika tidak, makanan akan rusak dalam waktu singkat. Sesuatu yang sering tidak disadari adalah cara ini ternyata tidak baik untuk kesehatan karena itu sama saja dengan mengonsumsi bahan-bahan yang tidak seharusnya ada di makanan dan tidak seharusnya masuk ke tubuh kita.
  • Pemanis : Banyak kita temukan makanan yang menggunakan pemanis, baik pemanis buatan maupun pemanis alami seperti gula aren. Hal yang perlu kita hindari adalah penggunaan pemanis buatan (artificial sweeteners) di dalam makanan dan minuman kita sehari-hari. Satu hal yang pasti adalah pemanis buatan bukan hanya berbahan kimia, tetapi juga benar-benar beracun bagi tubuh.
  • Perasa atau penyedap rasa : sudah menjadi persepsi umum bahwa tanpa penyedap atau perasa, makanan akan menjadi hambar atau tidak enak di lidah. Hal yang tidak disadari adalah penyedap buatan itu ternyata berbahan dasar kimia yang dapat menimbulkan racun pada tubuh dan merusak saraf. Beberapa penyedap sara yang sering digunakan sehari-hari adalah Mono Sodium Gletamate (MSG), atau Mono Natrium Glutamate (MNG). Beberapa penelitian menyebutkan, penggunaan MSG antara lain dapat menyebabkan obesitas, kerusakan otak, gagal ginjal, dan kerusakan hati, serta ketidaknormalan fungsi tubuh.

Menghindari 4P dari menu sehari-hari kita merupakan cara praktis dan sederhana mempraktikkan cara hidup organik dan sudah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi keseluruhan kesehatan kita.

Proses organik, bukan produk organik

Begitulah informasi tentang proses organik, bukan produk organiksemoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan komen disini