Tension Type Headache - www.biosprayid.com

Tension Type Headache

Tension Type Headache - www.biosprayid.com

Tension Type Headache

Tension type headacheSakit kepala yang menekan, mengikat, tidak berdenyut, tidak dipengaruhi oleh aktivitas fisik.

Epidemiologi

Sekitar 93% pria dan 99% wanita pernah mengalami sakit kepala. TTH dan sakit kepala servikogenik adalah dua tipe sakit kepala yang paling sering dijumpai. Sekitar 78% orang dewasa pernah mengalami TTH setidaknya sekali di dalam kehidupannya.

Rata-rata prevalensi TTH 29-71%. TTH adalah bentuk yang paling umum dari sakit kepala primer yang memengaruhi hingga dua pertiga populasi.

Gejala & Tanda

Penyebab sakit kepala secara umum diklasifikasikan sebagai berikut :

  1. Organik, seperti : tumor otak, meningitis, hidrosefalus, dan sifilis.
  2. Gangguan fungsional, misalnya ; lelah, bekerja tak kenal waktu (overwork), anemia, gout, ketidaknormalan endokrin, obesitas, keracunan dan nyeri yang direfleskikan.

Pada TTH, tidak mampu relaks setelah bekerja dan tidur beberapa jam setiap malam adalah factor risiko. Meningkatnya nosisepsi (proses penyampaian stimulus nyeri) peregangan otot merupakan penyebab primer nyeri kepala akibat perubahan sementara control nyeri.

Tension type headache

Terapi/Solusi

Terapi TTH episodik pada anak meliputi pemberian parasetamol dan kombinasi obat analgesic lainnya. Aspirin tidak direkomendasikan pada anak berusia kurang dari 15 tahun karena berisiko terhadap munculnya sindrom Reye. Parasetamol aman untuk anak. Pada dewasa, obat golongan antiinflamsi nonsterooid efektif sebagai terapi TTH episodik. Hindari pemberian obat analgesik golongan opiate (missal : butorphanol).

Beberapa obat lain yang terbukti efektif mengatasi TTH adalah ibuprofen, ketoprofen, naproxen, diklofenak, dan kombinasi kafein, ibuprofen lebih efektif daripada parasetamol. Produk berkafein dapat meningkatkan efek analgesik.

Pencegahan

Untuk terapi preventif TTH kronis, dokter akan memberikan obat golongan antidepresan, misalnya amitriptilin untuk meminimalkan pening saat bangun. Efek samping amitripilin adalah mulut kering dan penglihatan kabur. Bila belum manjur, maka diberikan mirtazepin. Baca juga : Sindrom Tourette

Tahukah Anda ?

Beberapa penyakit / kondisi yang mirip TTH adalah cervical spondylosis, sakit kepala akibat konsumsi obat yang berlebihan, sakit kepala pascacedera yang kronis (menahun). Juga sakit kepala yang berkaitan dengan penyakit mata/rongga sinus di hidung, gangguan sendi temporo-mandibular, kondisi kejiwaan, dan tumor otak.

Tension type headache

Baiklah, terimakasih anda sudah membaca artikel dengan judul tension type headache semoga bermanfaat.

Silahkan komen disini