Vertigo

Vertigo

Vertigo - www.biosprayid.com

Vertigo

VertigoSensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya dengan gejala lain yang timbul, terutama dari jaringan otonomik yang disebabkan oleh gangguan alat keseimbangan tubuh oleh berbagai keadaan atau penyakit. Gangguan sensasi gerakan, penderita biasanya merasa berputar. Sensasi gerakan saat tiada gerakan terjadi relative terhadap gravitasi bumi.

Epidemiologi

Pusing dan pening yang termasuk vertigo adalah keluhan yang paling sering dijumpai di dunia kedokteran, dialami  sekitar 20-30% penduduk. Uniknya, pusing berputar yang sering diinterpretasikan sebagai vertigo, dijumpai pada 20-30% penduduk dewasa. Mayoritas individu (91%) ang menderita vertigo biasa dirawat atau diatasi oleh dokter umum.

Migraine dan vertigo dapat terjadi secara bersamaan dengan angka kejadian sekitar 1,1-3,2%. Vestibular migraine (VM) adalah vertigo yang langsung disebabkan oleh migraine. VM memengaruhi lebih dari 1 % populasi.

Penyebab

Adanya kerusakan di kanalis semisirkularis (9organ pengatur keseimbangan di telinga bagian dalam), tersumbatnya pembuluh darah arteri yang menuju ke telinga bagian tengah, ada cedera atau penyakit di organ telinga tengah, operasi telinga.

Gangguan psikologis berupa cemas, depresi, panic juga berpotensi menyebabkan vertigo.

Vertigo

Gejala & Tanda

Pusing berputar, mendadak muncul bila posisi kepala berubah, kepala terasa ringan, merasa seolaah terapung, terayun. Sepoyongan waktu berdiri atau berjalan. Seranagn vertigo berlangsung singkat, biasanya kurang dari 30 m3nit, dapat kambuh lagi. Bisa disertai mual/muntah, keringat dingin, puct, nistagmus (gerakan ritmik tanpa control pada mata).

Serangan vertigo dapat diketahui dengan pertanyaan sederhana : saat merasakan serangan pusing, apakah Anda hanya merasa pening (light headed) atau apakah Anda melihat dunia di sekelilingmu berputar?

Terapi/Solusi

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Vestibular suppressant efektif sebagai antivertigo. Terdiri dari tiga kelompok utama, misalnya : antihistamin, antikolinergik, dan benzodiazepine. Golongan antihistamin-antikolinergik, misalnya : meclizine, dimenhidrinat, dan amitriptilin. Golongan benzodiazepine, misalnya : lorazepam, clonazepam, diazepam.

Tahukah Anda?

Istilah vertigo berasal dari bahasa latin “vertere” yang berarti berputar dan “igo” yang bermakna kondisi. Nistagimus adalah gerakan ritmis mata yang cepat di satu arah dan lambat di arah lainnya. Arah gerakan dapat horizontal, vertical, ataupun berputar. Singkatnya : bola mata bergerak sendiri.

Vertigo

Baiklah, terimakasih anda sudah membaca artikel dengan judul vertigo semoga bermanfaat.

Silahkan komen disini